blank
Sejumlah 54 wartawan dari berbagai media cetak, online dan elektronik, mengikuti UKW, yang digelar PWI Cabang Surakarta dan Dewan Pers. Foto: dok/ist

SOLO (SUARABARU.ID)– Sebanyak 54 wartawan dari berbagai media, mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang digelar Dewan Pers dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta, di Hotel Alila, Jumat-Sabtu (26-27/3/2021).

Peserta UKW di Kota Solo ini berasal dari berbagai platform media, mulai cetak, elektronik dan online. Peserta terbagi dalam sembilan kelas, yang terdiri dari jenjang Muda, Madya dan Utama. Mereka akan mengikuti ujian di hadapan sembilan penguji, yang telah ditetapkan Dewan Pers.

Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh mengatakan, pelaksanaan sertifikasi UKW ini merupakan bagian dari program berkelanjutan dari Dewan Pers, untuk menciptakan pers yang berkualitas di Tanah Air. ”Karena pers yang berkualitas akan mampu menjadi pilar keempat,” kata dia dalam sambutan pembukaannya.

BACA JUGA: Tentang Menikah dan Mantra Melahirkan

Diungkapkan Nuh, negara demokratis niscaya membutuhkan pers sebagai penyeimbang roda penyelenggraan negara, yang dijalankan pilar lainnya, yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Ada pun pers berkualitas, didukung insan wartawan yang memiliki kompetensi jurnalistik secara terukur, wartawan yang terampil dalam teknis jurnalistik, taat pada kode etik jurnalistik dan berwawasan luas.

”Wartawan dalam menjalankan fungsi pers harus secara optimal, yaitu mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat, sekaligus melakukan kontrol sosial. Pers juga berperan sebagai alat check and balance dalam sistim demokrasi,” ungkapnya.

blank
Para peserta saat mendengarkan laga Kebangsaan Indonesia Raya. Foto: dok/ist