blank
Kepala Desa Protomulyo, Jumarno(tengah) saat menerima noktah kesepahaman.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Menghadapi Pemilu 2024 mendatang, Bawaslu Kabupaten Kendal telah meresmikan Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan (Kasela),sebagai Desa Pengawasan.

“Desa Protomulyo jadi yang pertama kali diresmikan sebagai Desa Pengawasan, akan disusul desa-desa yang lain,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Kendal Odilia Amy Wardayani, di Balai Desa Protomulyo, Selasa(24/3/2021).

Langkah ini dilakukan untuk mewujudkan Pemilu berintegritas dan pengawasan merupakan langkah jangka panjang sebagai upaya pencegahan pelanggaran.

Menurut Odilia, Desa Pengawasan yang dibentuknya tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan masyarakat, khususnya masyarakat Protomulyo.

“Untuk itu masyarakat Protomulyo harus membantu tugas Bawaslu,”ujar Odilia.

Protomulyo saat ini sudah menjadi Desa Pengawasan. Namun yang paling penting adalah dukungan dan partisipasi masyarakat desa untuk ikut mengawasi Pemilu secara partisipatif.

“Saya berharap, masyarakat bisa,menjadi mata dan telinga Bawaslu,” terang Anggota Bawaslu Jateng Sri Sumanta yang juga hadir pada acara ini.

Selain dihadiri segenap elemen dan masyarakat Desa Protomulyo, acara ini juga dihadiri anggota Bawaslu Kendal Achmad Ghozali, Arief Musthofifin dan Firman T. Sudibyo, serta Plt. Camat Kasela Krenggo Karjilah dan Kepala Desa Protomulyo Jumarno. Sp-mm