blank
Dokter Gunawan Mangunkusumo

Oleh Hadi Priyanto

Bukan hanya dr Cipto Mangunkusumo yang terabaikan di kota kelahirannya, Jepara. Namun  adik kandungnya,  dr Gunawan Mangunkusumo juga  tidak dikenal sebagai putra kelahiran Jepara.

Padahal ia salah satu tokoh utama,  penggerak dan motivator  organisasi  Budi Utomo yang berdiri tanggal 20 Mei 1908. Karena peran organisasi ini sangat besar dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, setiap tahun tanggal  berdirinya Budi Utomo diperingati oleh bangsa Indonesia  sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

blank
dr Gunawan Mangunkusumo (kanan) bersama para pendiri organisasi Budi Utomo

Di dalam organisasi Budi Utomo, Gunawan Mangunkusumo adalah salah satu sekretaris. Namun ia   dikenal sebagai “dalang” organisasi ini. Sebab pemikiran-pemikiran kritisnya  sejak awal mewarnai garis perjuangan  Budi Utomo yang diketuai dr Sutomo.

Bahkan dr Cipto Mangunkusumo menuliskan,  dr Sutomo tokoh sentral Budi Utomo kehilangan kekuatannya setelah dr Gunawan meninggal. “Sutomo telah kehilangan dalangnya,” tulis dr Cipto Mangunkusumo.

Pengakuan atas peran besar dr Gunawan Mangunkusumo dalam panggung perjuangan bangsa ini justru didapatkan dari Kabupaten Semarang. Namanya diabadikan untuk nama rumah sakit milik daerah, RSUD dr Gunawan Mangunkusumo Semarang. Sementara di kota kelahirannya  Jepara belum ada sedikitpun pengakuan dan penghargaan, walaupun hanya untuk nama sebuah jalan.

blank
Para pendiri dan pengurus organisasi Budi Utomo

Padahal dr Gunawan, sebagaimana kakaknya, dr Cipto Mangunkusumo adalah putra kelahiran Pecangaan Jepara. Ayahnya adalah  Mangunkusumo yang sejak akhir tahun 1884 diangkat menjadi mantri guru atau kepala sekolah kelas dua  di Pecangaan yang masuk wilayah Karesidenan Jepara.

Ditempat inilah ia berkenalan dengan Raden Ayu  Suratmi, putri seorang   kasir pabrik gula Mayong bernama R.M. Sutodijoyo yang dikenal   sebagai tuan tanah yang kaya. Bahkan tanahnya disewakan kepada pabrik gula Mayong untuk perkebunan tebu. Mereka kemudian menikah.

Dari pernikahan ini Mangunkukusmo dikarunia delapan orang  anak, diantaranya adalah Cipto yang lahir tahun 1886, Budiharjo tahun 1887  dan Gunawan pada tahun 1889. Ketiganya  sama-sama dokter lulusan School Tot Opleiding Van Illandsche Artsen (STOVIA).

Anak Mangunkusumo yang lain adalah Badariyah 1895, dr Samsul Maarif 1897, Murtinah 1899, Ir. Darmawan 1901, Kartini 1905, Kartono 1907, Kartini 1908 dan Mr. Suyitno 1909.

Gunawan masuk sekolah kedokteran STOVIA  pada 10 Januari 1903 setelah lulus dari Europeesche Lagere School. Saat itu usia Gunawan 14 tahun. Saat sekolah di STOVIA ia kerap kali menyuarakan pemikiran-pemikiran kritisnya terhadap berbagai persoalan kebangsaan. Bahkan saat usianya belum  genap 17 tahun, Gunawan Mangunkusumo sudah menggegerkan kalangan bangsawan dan pejabat pemerintah Balanda.

Lewat tulisannya di koran Java Bode, ia mengkritik pengangkatan bupati karena garis keturunan. Bukan karena kualifikasi pendidikan atau kemampuannya. Ia mengkritik pengangkatan bupati atas dasar dinasti. Kritik ini bukan saja ditujukan kepada pemerintah Hindia Belanda, tetapi juga kalangan   bangsawan.

Sementara saat berada di Belanda untuk menyelesaikan pendidikan dokter,   Gunawan juga menjadi pernah menjabat sebagai wakil ketua dan kemudian ketua dari organisasi Perhimpunan Indonesia yang semula bernama Indische Vereeniging.

Saat itulah terjadi perubahan radikal arah perjuangan organisasi ini kearah politik mendukung kebebasan Hindia Balanda. Tokoh lain yang merubah orientasi gerakan ini adalah Suwardi Suryaningrat yang kemudian dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara.

Dr Gunawan memang pada tahun 1919 berangkat bersama dr Sutomo ke Belanda untuk  melanjutkan sekolah kedokteran. Mereka selesai tahun 1921. Keduanya ditempatkan di kota yang berbeda.

Dr Sutomo di Surabaya dan dr Gunawan di Pelembang. Namun pada tahun 1927 – 1928 dr Gunawan kembali ke Belanda untuk mengambil spesilais penyakit  paru. Sekembalinya di Jawa ia ditempatkan di Semarang dan tahun 1929 ia meninggal dunia.

Tokoh dan Dalang Budi Utomo

Budi Utomo adalah organisasi yang dibentuk oleh para mahasiswa sekolah kedokteran STOVIA. Organisasi ini dibentuk karena gagasan dr Wahidin Sudirohusodo, alumni STOVIA yang memiliki ide  untuk mencerdaskan bangsa melalui dana pendidikan. Tujuannya agar tidak mudah diadu domba oleh penjajah.

Akhirnya 9 mahasiswa STOVIA mendirikan organisasi Budi Utomo. Mereka terdiri dari  R. Sutomo, Gunawan Mangunkusumo,  Suraji Tirto Negoro,  Gondo Suwarno, Sulaiman, Angka Projo Sudirjo,  M. Suwarno, Muhamad Saleh dan RM Gumbrek. Mereka kebanyakan mahasiswa STOVIA yang diterima tahun 1903 dan lulus tahun 1911.

Hanya dalam waktu 5 bulan  organisasi ini telah memiliki anggota 1.200 orang dan kemudian menggelar konggres pertama bulan Oktober 1908 di Yogyakarta. Dalam konggres ini ditetapkan tujuan Budi Utomo adalah untuk menjami kehidupan bangsa yang terhormat melalui  bidang sosial, pendidikan, pengajaran dan kebudayaan. Sedangkan keanggotaannya tidak hanya di Jawa tetapi juga Madura dan Bali dengan tidak melihat suku agama dan jenis kelamin.

Kelahiran Budi Utomo ini menjadi sebuah momentum   mendasar dari gerakan untuk mencapai kemerdekaan  yang semula bersifat kedaerahan menjadi nasional. Disamping itu terjadi perubahan fundamental yang semula menggunakan senjata  berubah  menggunakan kekuatan pemikiran.

Tanpa mengabaikan peran tokoh yang lain, dr Sutomo dan dr Gunawan disebut sebagai tokoh utama organisasi ini. Mereka memiliki hubungan yang sangat dekat. Bahkan kemudian dr Gunawan menikah dengan salah satu adik kandung dr Sutomo bernama  RA  Srijati.

Dalam buku Soembangsih  yang ditulis untuk memperingati 10 tahun kelahiran Budi Utomo, dr Sutomo menilai Gunawan  memiliki peran yang sama besar seperti dirinya. Tanpa Gunawan organisasi Budi Utomo akan timpang.

Sementara saat menuliskan catatan pribadinya ketika dr Gunawan meninggal dunia, dr Sutomo  menilai almarhum  sebagai  sebagai seorang pribadi yang sangat setia pada organisasi. Juga konsisten pada pendiriannya .

Bahkan  dr Gunawan dinilai menjadi motor pengerak dan motivator organisasi Budi Utomo. Menurut dr Sutomo, dr Gunawan telah mengorbankan dirinya demi organisasi mereka dan jasanya terhadap nusa dan bangsa tidak tertandingi oleh siapapun.

Gunawan menurut dr Sutomo  sangat  mengedepankan prinsip – prinsip  persatuan. Prinsip ini harus dicapai dengan segala daya upaya. Karena itu menurut Gunawan, perbedaan pendapat harus dihormati. Sebab dengan persatuan itu menjadi modal dalam perjuangan. Persatuan ini sangat penting sebab bangsa yang dicita-citakan adalah bangsa  yang berbeda.

Penulis adalah wartawan SUARABARU.ID, dan  pegiat budaya   Jepara