blank
Ketua Siwo PWI Pusat, Gungde Ariwangsa (kiri), berfoto bersama Ketua NOC/KOI Indonesia, Raja Sapta Oktohari, usai audiensi jelang pelaksanaan seminar. Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Tiga Menteri Kabinet Indonesia Maju, menyatakan diri siap tampil pada Seminar Olahraga Nasional, yang digelar Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Pusat, di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Selain tiga menteri itu, akan tampil pula Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Ketua Umum Komite Olimpiade atau National Olympic Committee (KOI/NOC) Indonesia dan Bupati Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Ketua Siwo PWI Pusat AAGWA Ariwangsa, Senin (22/3/2021) menyatakan bangga, atas kesediaan para narasumber untuk tampil dalam seminar yang mengambil tema ‘Kiprah BUMN Menuju Sukses Prestasi, Sport Tourism & Tuan Rumah Olimpiade 2032’. Hal Ini menunjukkan pihak-pihak terkait begitu peduli dan cinta pada prestasi olahraga Indonesia.

BACA JUGA: Ketum GNPK RI Penuhi Panggilan Polres Tegal Kota

Pria asal Bali yang lebih akrab dipanggil Gungde Ariwangsa itu mengemukakan, para pembicara yang siap tampil yaitu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Ketua KOI/NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik.

Seminar akan dibuka Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari, sekaligus juga membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Siwo PWI, yang akan berlangsung pada Rabu-Kamis (24-25/3/2021) di tempat yang sama.

Menurut Gungde, Erick Thohir akan tampil sebagai keynote speaker. Materi dari menteri yang memiliki latar belakang olahraga itu sudah diterima panitia pelaksana seminar.

BACA JUGA: Kemen PPPA Verifikasi Kabupaten Brebes Terkait APE

”Untuk sementara Pak Erick Thohir masih dijadwalkan tampil secara virtual, mengingat kesibukan beliau yang luar biasa sebagai Menteri BUMN, termasuk dalam melaksanakan program vaksinasi di seluruh Tanah Air,” ucap Ariwangsa.

Namun menurutnya, bila melihat latar belakang dan kecintaannya pada olahraga, Siwo PWI Pusat masih sangat berharap Erick Thohir dapat hadir langsung di acara ini.

Sedangkan Menparekraf Sandiaga Uno serta Ketua Umum KONI Pusat dan Bupati Halsel akan hadir langsung di acara ini.

BACA JUGA: Gagal Mencuri Kambing, Pelaku Tinggalkan Mobil karena Mogok

Pada bagian lain, hasil seminar ini juga diharapkan dapat memberikan masukan berkaitan dengan penyusunan Grand Design Olahraga Nasional, serta rencana revisi Undang-Undang Sistim Keolahragaan Nasional (UU SKN No 3 Tahun 2015).

”Dari sini kita harapkan lahir usulan tentang peran perusahaan BUMN terhadap olahraga Nasional, yang sebelumnya sudah pernah terjalin mesra dengan program Bapak Angkat,” tutur Ariwangsa.

Pihaknya berharap, peran Menteri BUMN sebagai tokoh olahraga Nasional dan internasional, akan dapat memberikan posisi yang tepat dalam berkiprah di olahraga Nasional.

Sigit PR-Riyan