blank
Kepala Desa Ngargoretno, Salaman, Magelang, Dodik Suseno, ikut mengisi pelatihan pariwisata, tadi. Eko Priyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Badan Otorita Borobudur (BOB) turut membantu aktivasi destinasi melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru AKB destinasi pariwisata.

Direktur Industri dan Kelembagaan BOB,Bisma Jatmika, menginformasikan, pembukaan pelatihan di Desa Wisata Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang dia buka hari ini, Senin (22/3).

BOB juga telah melaksanakan pelatihan dan pendampingan serupa di Desa Wisata Pandanrejo, Purworejo yang sudah berjalan selama tujuh hari dan ditutup hari ini.

Di Desa Wisata Sedayu, Purworejo, kegiatan serupa sudah berjalan hari ke lima dan Desa Wisata Benowo, Purworejo sudah berjalan hari ke tiga dalam pelatihan dan pendampingan adaptasi kebiasaan baru SDM pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Secara paralalel kegiatan di tujuh titik destinasi wisata itu meliputi sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan nantinya diakhiri dengan self declare sebagai bentuk komitmen dalam pelaksanaan protokol kesehatan di destinasi wisata pada 7 April 2021 mendatang.

Ditambahkan, pada kegiatan itu BOB berkolaborasi dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Dinas Pariwisata Kulonprogo, serta Lembaga Sertifikasi Jana Dharma Indonesia.

Sosialiasi yang diberikan terkait dengan kebijakan pemerintah daerah tentang pengelolaan daya tarik wisata pada masa adaptasi kebiasaan baru serta penerapan CHSE (Cleanliness, Health, and Environmental Sustainability).

Adapun aktivitas pelatihan dan pendampingan dilakukan melalui pembekalan materi terkait visitor management yang meliputi carrying capacity dan alur wisatawan, pemetaan zonasi kunjungan wisatawan, traffic management, hingga simulasi kunjungan wisatawan oleh pengelola destinasi wisata.

Tahun sebelumnya kegiatan dilaksanakan di tujuh titik di Yogyakarta dan Jawa Tengah, tahun ini juga terdapat tujuh daya tarik wisata yang akan dilatih serta didampingi oleh BOB.

Adapun tujuh titik destinasi di Jawa Tengah dan Yogyakarta ialah Desa Wisata Pandanrejo, Sedayu, dan Benowo di Kabupaten Purworejo. Lalu Desa Wisata Ngargoretno di Kabupaten Magelang, serta Desa Wisata Ngargosari, Gerbosari dan Pagerharjo di Kabupaten Kulonprogo.

Eko Priyono