blank
Kali Tambak Romo, destinasi wisata alam Desa Kuwasen.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Potensi wisata alam di beberapa desa di Kabupaten Jepara menjadi perhatian serius bagi beberapa mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) yang tergabung dalam kelompok KKN Mitra 2. Salah satunya adalah sungai Tambak Romo yang terletak di Desa Kuwasen, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Yang beberapa waktu yang lalu pada, Senin (15/3/2021) telah diresmikan oleh Petinggi Desa Kuwasen.

blank
Penyerahan tong sampah secara simbolis dari mahasiswa KKN Unisnu Jepara kepada Kepala Desa Kuwasen.

Sebelumnya, sungai Tambak Romo hanya dimanfaatkan masyarakat untuk mengairi sawah dan  untuk kegiatan mencuci pakaian. Melihat potensi sungai yang dapat dijadikan destinasi wisata alam, mahasiswa KKN UNISNU berinisiatif untuk melakukan kegiatan bersih sungai dan pemasangan papan nama.

Dari pengakuan Kepala Desa Kuwasen, Mazzroatul Khoir S.Pd, sebenarnya gagasan untuk mengembangkan Kali Tambak Romo sebagai destinasi wisata sudah diagendakan beberapa tahun yang lalu, bahkan sudah dimasukan dalam APBDes.

“Anggaran untuk pengelolaan Kali Tambak Romo sebagai destinasi wisata alam sudah kami masukan dalam APBDes. Namun karena pandemi, kegiatan untuk pengembangan sungai tersebut untuk sementara belum dapat terlaksana”, terang Kepala Desa.

“Kami sangat mendukung gagasan dari mahasiswa KKN UNISNU dalam upaya pengembangan wisata Kali Tambak Romo di Desa Kuwasen ini”, lanjutnya.

Bersama Pemdes Kuwasen dan unsur masyarakat, para mahasiswa melakukan bersih-bersih sungai. Kegiatan bersih-bersih sungai juga melibatkan kelompok pemuda Desa Kuwasen yang tergabung dalam kelompok GP2R, kelompok Pemuda Chatero, dan kelompok Pemuda GTP.

Dalam kegiatan bersih sungai, sampah-sampah yang selama ini mengotori sungai mulai dipilah. Terutama limbah kayu, bambu, serta sampah yang tidak dapat diurai. Para mahasiswa KKN juga memasang gapura serta memasang beberapa tempat duduk di bantaran sungai sebagai spot berswafoto.

M. Qeiss Hanifal M. Perwakilan dari tim KKN Kelompok 18 mengaku sangat bersyukur serta mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk warga masyarakat yang telah mendukung program KKN Kelompok 18 dalam mengembangkan wisata alam Kali Tambak Romo.

Dalam kegiatan pengembangan sungai Tambak Romo, mahasiswa KKN juga secara simbolis menyerahkan tong sampah kepada Kepala Desa Kuwasen.

Ua