SEMARANG– Guna meningkatkan tri dharma perguruan tinggi , Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) menggelar wokhsop “Peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Kerjasama Internasional di Bidang Publikasi” pada Senin (15/3) di aula Gedung V.

Kegiatan yang diikuti para dosen di lingkunagn FTP USM ini menghadirkan narasumber Executive Chairman SAFE Network dan Dosen FTP Universitas Andalas Padang Prof Dr Novizar Nazir.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor II USM yang sekaligus dosen FTP Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Dekan FTP Dr Ir Haslina Msi beserta para dosen FTP USM.

Menurut ketua panitia Dewi Larasati bahwa pelaksanaan kegiatan workshop peningkatan Tri Dharma melalui kerjasama internasional khususnya dalam bidang publikasi tujuanya adalah untuk bekerjasama dengan internasional.

“Jumlah jurnal dosen FTP USM yang terpublikasi internasional sudah ada seperti Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih M dan Dr Haslina, namun perlu kita tingkatkan lagi jumlahnya” papar Dewi.

Sementara narasumber Prof Dr Novizar Nazir mengatakan sebagaimana kita ketahu bahwa publikasi bagian dari tridharma dan saat ini diperlukan terutama dosen ditutut untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal–jurnal internasional dan kita juga tidak bisa menembus jurnal–jurnal internasional jika seandainya kita tidak bekerjasama dengan teman–teman di luar negeri.

“Dengan workhop ini bagaiamana kita bisa mendapatkan akses untuk jurnal – jurnal dari luar negeri sehingga bisa meningkatkan publikasi dosen FTP USM” kata Prof Novizar.

“Tujuan peningkatan tri dharma perguruan tinggi ini salah satunya adalah meningkatkan kualitas mahasiswa, maka dari itu kita harus bekerjasama dengan luar negeri dalam bidang pendidikan, penelitian dan publikasi jurnal karena nantinya akan berdampak bagi kualitas mahasiswa” tambahnya.

Saiful Hadi – USM