blank

SEMARANG – Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Unissula mengadakan pelatihan keuangan masjid berbasis komputer dan manajemen masjid. Hadir sebagai pemateri adalah Dr Moh Zulfa MM dan Drs Osmad Muthaher MSi .

Acara diselenggarakan atas kerjasama antara FE Unissula dengan Masjid Baiturrohman Semarang Selatan dilaksanakan Juni 2020. Menurut Osmad Muthaher pelatihan pengelolaan keuangan masjid dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran pengelola dan pengurus masjid untuk transparan dalam melaporkan keuangan masjidnya. Disamping itu para pengurus masjid lebih mampu dalam membuat laporan keuangannya sehingga diharapkan jamaah lebih percaya dalam hal sumbangan atau bantuan yang diberikan terkait dengan penggunaan oleh pihak pengurus atau pengelola masjid.

Pengelolaan keuangan masjid perlu dilakukan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab. Hal ini dikarenakan dana yang masuk dan keluar dari masjid merupakan tanggung jawab pengurus kepada masyarakat dan terutama kepada Allah SWT. “Dana tersebut merupakan amanah yang diberikan masyarakat untuk kemaslahatan jamaah melalui pengurus/takmir masjid”, pungkas Osmad Muthaher.