blank
Poster talkshow PWI Kota Magelang.

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Masih dalam rangkaian memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021, PWI Kota Magelang mengadakan talkshow bertema ‘Pers, Prokes dan Kebangkitan Ekonomi’ secara daring.

Kegiatan itu dilaksanakan Senin (15/3) di Museum BPK RI. Rencananya diskusi yang disiarkan langsung lewat kanal YouTube ini menghadirkan tiga pembicara utama.

Yakni  Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, Dirut Perumda BPR Bank Magelang Hery Nurjianto dan Wartawan LKBN Antara Hari Atmoko, dengan host Putri Rimbawati, presenter televisi swasta.

Ketua Panitia HPN 2021 PWI Kota Magelang, Agus Hadianto mengatakan, pers di Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. Di tengah ancaman disintegrasi bangsa, pers hadir sebagai perekat persatuan.

‘’Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia saat ini, pers mempunyai peranan penting. Pers menjadi sarana edukasi dan sebagai akselarator perubahan. Juga hadir memberi pencerahan dan ikut menangkal hoax, dengan pemberitaan yang kredibel serta bertanggungjawab,’’ katanya.

Menurutnya, semangat untuk membangun dan mencerdaskan bangsa ini pun masih terus bergelora sampai saat ini. Insan pers di Indonesia senantiasa memeringati HPN dengan cara masing-masing, termasuk di Kota Magelang.

‘’Kami mengadakan beberapa kegiatan dalam rangka memperingati HPN 2021. Salah satunya yang akan kita lakukan pada Senin (15/3), talkshow yang disiarkan langsung kanal YouTube PWI Kota Magelang jam 10.00-selesai,’’ ujarnya.

Tema yang diangkat dalam talkshow ini, lanjut  Hadi,  keinginan insan pers dalam mendukung upaya pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat di tengah masyarakat. Sekaligus ingin menjadi bagian usaha membangkitkan kembali ekonomi yang di masa pandemi ini mengalami gejolak.

‘’Pers ada di tengah masyarakat, maka sepatutnya pula turut dalam upaya disiplin Prokes dan pemulihan ekonomi itu. Pers sebagai penyalur informasi ke publik, memiliki peran penting dalam mengabarkan atau mensosialisasikan Prokes tersebut dan mendukung upaya kebangkitan ekonomi,’’ terangnya.

Hadi menambahkan, pembicara yang hadir dalam talkshow selama dua jam ini merupakan narasumber yang kompeten di bidangnya. Wali Kota Magelang,  Muchamad Nur Aziz menjadi orang yang ditunggu-tunggu kebijakannya dalam membangun Kota Sejuta Bunga, utamanya di bidang kesehatan dan ekonomi.

‘’Dirut Bank Magelang, Hery Nurjianto pas dengan profesinya sebagai bankir sekaligus ekonom, yang akan berbicara banyak seputar ekonomi dan perbankan di masa pandemi serta upayanya dalam kebangkitan ekonomi. Pembicara satunya dari kalangan pers, Hari Atmoko seorang wartawan senior yang banyak berpengalaman di dunia pers,’’ paparnya.

Ketua PWI Kota Magelang, Wiwid Arif Setyoko menambahkan, melalui talkshow ini diharap muncul gagasan-gagasan atau ide seputar kebangkitan ekonomi yang bisa dilakukan, untuk meningkatkan kembali ekonomi di tengah masa pandemi yang masih berlangsung.

Hal ini penting, mengingat ekonomi menjadi salah satu tulang punggung keberlangsungan kehidupan masyarakat.

‘’Sehat itu penting, ekonomi juga tak kalah penting. Maka, keduanya haruslah seiring sejalan, sehingga kita harus bersama berupaya menghentikan kasus Covid-19 ini sambil berusaha keras memulihkan ekonomi,’’ ungkapnya.

 

Bidang Multimedia PWI Kota Magelang

Editor : Doddy Ardjono