blank
Ketua PGRI Kabupaten Kebumen H Agus Sunaryo SPd MPd.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Guru SD dan TK yang berperan penting dalam kegiatan belajar mengajar di jenjang pendidikan dasar dan anak-anak di Kebumen mendapatkan jatah vaksin paling akhir setelah guru SMA/SMK dan guru SMP.

Hal itu diakui oleh Ketua PGRI Kabupaten Kebumen H Agus Sunaryo SPd MPd saat dihubungi Suarabaru.id terkait dengan kegiatan vaksinasi bagi tenaga pendidik di Kabupaten Kebumen menjelang pembelajaran tatap muka (PTM).

Menurut Agus Sunaryo, untuk vaksinasi tenaga pendidik dilakukan penjadwalan oleh Dinas Kesehatan Kebumen. Saat ini proses yang telah berlangsung bagi guru SMA/SMK dan SMP. Berikutnya baru untuk guru SD dan guru TK.

Agus menyatakan, vaksinasi bagi guru pada dasarnya upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari pendidik pada saat berinteraksi dengan orang lain. Khususnya dengan sesama guru dan siswa agar tidak mempunyai potensi untuk saling menularkan bibit penyakit Covid- 19.

Dirinya menilai, dengan guru telah divaksin segera bisa dibuka PTM untuk menghindari lost learning (kehilangan jam belajar) pada anak- anak usia sekolah.

“Yang lebih miris adalah hilangnya pembiasaan baik dalam pembinaan karakter siswa, karena terputusnya hubungan emosional guru dan murid akibat tidak adanya interaksi langsung dalam proses pendidikan.”

Lebih lanjut Agus menyatakan, PGRI berharap SKB 4 Menteri yang mengatur pembelajaran bisa dijadikan celah untuk mengambil kebijakan PTM secara bertahap dan dengan protokol kesehatan secara ketat. Tahapan bisa dimulai dengan seminggu sekali tatap muka lalu setelah sebulan dievaluasi.

Berikutnya seminggu 2 kali setelah sebulan dievaluasi kembali, terakhir 3 kali seminggu selama masa transisi sampai diterapkanya new normal adaptasi kebiasaan baru dalam pembelajaran di masa Pandemi Covid-19.

Sementara itu seorang guru SD senior di Alian, Kebumen, H Nasiran SPd MPd mengaku banyak guru SD yang belum tahu persis kapandivaksin. Namun di Kecamatan Alian telah dilakukan pendapataan vaksinasi bagi guru SD.”Saya jadwal vaksin pertama besok Sabtu 13 Maret,”ujar Nasiran.

Komper Wardopo