blank
M Nur Azis dan M Mansyur saat dilantik secara virtua; menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang 2021-2026, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

KOTA MAGELANG (SUARABARU.ID) – Mulai 26 Februari 2021 Muchammad Nur Aziz dan M Mansyur (Aziz-Masnyur) resmi menjabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang masa jabatan 2021-2026.

Keduanya dilantik langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual, bersama Wali Kota/Bupati terpilih di 16 Kota/Kabupaten se Jawa Tengah.

Pelantikan berlangsung dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, di Pendapa Pengabdian kompleks rumah jabatan Wali Kota Magelang, Jumat (26/2).

Aziz-Mansyur dilantik setelah KPU Kota Magelang menetapkan keduanya sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang terpilih hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Pada acara itu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Siti Atiqoh Ganjar Pranowo juga melantik Niken Ichtiaty Nur Aziz sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kota Magelang.

Ganjar menyatakan, seluruh kepala daerah yang baru saja dilantik ke depan akan menghadapi tantangan maupun persoalan yang kompleks.

Mulai dari masalah global pandemi Covid-19, kemudian persoalan ekonomi, pengentasan kemiskinan, pendidikan, teknologi, pemuda dan pemudi yang harus dioptimalkan sampai persoalan lingkungan yang serius.

‘’Saya yakin Bapak/Ibu bekerja keras. Ingat pula ada kelompok yang perlu diperhatikan, yakni kelompok perempuan, difabel dan anak-anak generasi yang harus dipersiapkan dengan baik,’’ kata Ganjar mengingatkan.

Dia juga menegaskan pentingnya kepala daerah memiliki akun media sosial di era sekarang. Media sosial menjadi sarana untuk mengetahui dan menindaklanjuti  persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat.

‘’Dodone (dada red) awake dewe kudu jembar, ususe kudu dowo. Kritik dan cacian akan menjadi vitamin segar. Kuncinya terletak pada diri anda, dan aparatur serta dukungan keluarga tercinta. Buat saya, tuan adalah rakyat, jabatan adalah mandat,’’ tandas Ganjar.

Plt Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Magelang, Triyamto Sutrisno mengatakan, Aziz-Mansyur dijadwalkan bertugas pada Senin (1/3/),  diawali dengan apel pagi, dilanjutkan dengan briefing dengan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Kota Magelang.

Setelah itu, keduanya menghadiri sidang paripurna DPRD Kota Magelang dengan agenda pidato perkenalan wali kota.

 

Penulis : prokompim/kotamgl

Editor   : Doddy Ardjono