“Penerus bangsa yang tidak hanya cakap secara kognitif namun jugs unggul secara kemampuan sosial-emosional agar dapat bersaing dan berhasil di abad ke-21 ini balk di bidang akademik maupun non-akademik,”kata Vina.

Dengan menggandeng Kelas Lentera PT Kuark Internasional, Bakti Pendidikan Djarum Foundation akan melakukan pelatihan dan pendampingan ini selama satu tahun dari Februari 2021 hingga Februari 2022 dengan melibatkan 20 sekolah yang terdiri dari 7 SD dan 3 MI, serta 7 SMP dan 3 MTs di Kabupaten Kudus dengan total 20 Kepala sekolah dan 635 guru.

Sasaran pendampingan yang dilakukan di 20 sekolah tersebut adalah kepada guru dan kepala sekolah karena dua pihak ini yang bertanggung jawab penuh dalam menciptakan iklim sekolah yang kondusif dalam melaksanakan pembelajaran kemampuan sosial-emosional.

Guru menerapkan keterampilan sosial-emosional ke dalam pembelajaran di dalam kelas, ekstrakurikuler, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan langsung dengan siswa. Kepala sekolah menerapkan keterampilan sosial-emosional sebagai pembuat kebijakan, mengawasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dan menjadi penghubung dengan pihak luar baik prang tua maupun pemangku kepentingan terkait.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Harjuna Widada, SH berharap, Kepada sekolah yang mendapat pelatihan dan pendampingan ini, dapat menjadi contoh dan pemicu bagi sekolah-sekolah lainnya.