blank
Mewakili Dandim 0728 Wonogiri, Kasdim Mayor (Inf) Nurul Muthahar (kiri) foto bersama dengan pengurus masjid dan jajaran Forkompimcam, setelah menyerahkan bantuan alat musik Hadroh.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kodim 0728 Wonogiri pimpinan Dandim Letkol (Inf) Imron Masyhadi, peduli memberikan bantuan alat musik kesenian Hadroh. Bantuan diberikan kepada Pengurus Masjid Dusun Gemawang, Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

Serma Indra dari Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, menjelaskan, alat musik kesenian Hadroh itu diserahkan oleh Kasdim Mayor (Inf) Nurur Muthahar, Senin (22/2). Harapannya, dapat dijadikan sarana dalam upaya melestarikan kesenian tradisional tersebut yang merupakan bagian dari seni budaya peninggalan nenek moyang yang sarat dengan nilai agamis.

Remaja Islam di Dusun Gemawang, Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, nantinya diharapkan mahir memainkan musik Hadroh. Dandim berharap, melalui kesenian yang Islami ini, dapat jadi sarana untuk menumbuhkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

blank
Kasdim 0728 Wonogiri Mayor (Inf) Nurul Muthahar (kiri) didampingi Camat Jatiroto, Suparmo (kanan), memotong tumpeng kenduri selamatan terkait dengan terselenggaranya TMMD Reguler Ke 110.

Juga dalam upaya menjaga kelestarian seni budaya Islam, agar tetap eksis dan tidak punah digerus oleh modernisasi zaman yang makin maju dan berkembang pesat. Di sisi lain, dengan makin meningkatnya keimanan dan ketaqwaan, para generasi muda Islam diharapkan bisa menjadi benteng agar tidak mudah terpengaruh budaya luar, utamanya yang radikal dan tidak sesuai dengan ideologi bangsa.

Penyerahan bantuan alat musik Hadroh tersebut, dilaksanakan bersamaan waktunya dengan pemanjatan doa bersama Pegurus Masjid dan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, demi terselanggaranya TMMD Reguler Ke 110 di Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur