blank
Petugas dari Kodim 0721/Blora saat menaruh kotak berisi vaksin Covid-19 yang hendak disimpan Gudang Farmasi milik Dinkes Blora. Foto : nad/ist.

BLORA (SUARABARU.ID) – Petugas gabungan dari Polres Blora, Kodim 0721/Blora dan Dinas Kesehatan Blora melakukan pengawalan ketat 900 vial vaksin Covid-19 dari Kota Semarang ke Kabupaten Blora, Senin (22/2/2021). Seluruh vial vaksin ini diangkut dengan armada khusus dan sampai di Gedung Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blora sekitar pukul 23.30 WIB.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama melalui Kabag Ops Kompol Supriyo menjelaskan, pengambilan vaksin Covid-19 dari gudang farmasi Provinsi Jawa Tengah ke gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blora ini melibatkan tim gabungan dari Polres Blora, Kodim 0721/Blora dan Dinas Kesehatan Blora dengan keberangkatan dari Semarang pukul 18.00 WIB.

“Dari Polri ada dua orang. Kemudian dari TNI ada dua orang, dan Dinas Kesehatan satu orang. Jam 09.00 WIB berangkat ke Semarang dan kemudian sampai Semarang jam 13.30 WIB. Lalu, beberapa jam kemudian, tepatnya pukul 18.00 WIB, sebanyak 900 vial vaksin Covid-19 ini dibawa ke dari Semarang menuju ke Blora dan sampai di sini pukul 23.30 WIB,” jelasnya.

Pihaknya menjelaskan, selama keberangkatan hingga pengambilan 900 vial vaksin Covid-19 ini berjalan lancar. Selanjutnya, ada beberapa personel gabungan yang berjaga setiap saat di gudang tersebut.

“Alhamdulilah aman dan lancar, selanjutnya untuk pengamanan gudang farmasi ini kita persiapkan personel yang jaga setiap saat, baik dari TNI, Polri, Sat Pol PP dan Dinas Kesehatan,” jelas Kompol Supriyo.

Satu Botol 10 Orang

Sementara itu, pelaksana tugas Kepala Dinkes Kabupaten Blora melalui Kasi Pencegahan Pengendalian Penyakit menular (P3M), Sutik, mengatakan vaksin tersebut merupakan vaksin tahap pertama untuk pejabat publik seperti TNI, Polri, Pengadilan, Kejaksaan dan wartawan. Tahap ini dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan tenaga kesehatan.

“Jumlahnya ada 900 vial atau botol. Satu botol ini untuk sepuluh orang. Jadi sasaran yang akan divaksin sebanyak 9000 orang. Ini adalah tahap pertama setelah tenaga kesehatan untuk pejabat publik dan wartawan,” jelas Sutik.

Sementara pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di RSU, Rumah Sakit DKT untuk TNI, lingkungan Polres Blora dan sejumlah puskesmas-puskesmas di Kabupaten Blora.

“Nanti pelaksananya bertahap, rencananya penyuntikan dengan 900 vial ini selesai dalam waktu tiga hari,” imbuh Sutik.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas.

Nad/Hana Eswe-wied