blank
Ganjar Pranowo saat mengikuti zoom meeting dengan Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan, pihaknya siap melaksanakan vaksinasi Tahap II, untuk petugas pelayanan publik. Menurutnya, saat ini pihaknya masih menunggu dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan.

Ganjar dalam kesempatan rapat dengan Menteri Perekonomian, Airlangga Hartanto via zoom menyampaikan, dirinya juga mendorong agar Kemenkes segera mengirimkan vaksin, agar pihaknya dapat mempercepat proses vaksinasi.

”Kita tinggal nunggu saja kiriman vaksin,” kata Ganjar di rumah dinasnya, Kamis (18/2/2021).

BACA JUGA: Ganjar Bilang, Jateng Berpengalaman karena Punya Program Jogo Tonggo

blank
Ganjar menyebutkan, pihaknya sudah siap melaksanakan vaksinasi Tahap II. Tinggal menunggu kiriman dari pusat. Foto: dok/ist

Ditambahkan dia, melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, pihaknya terus berkomunikasi dengan Kemenkes, terkait pengiriman vaksin.

”Kalau satu dua hari ini bisa dikirim dalam jumlah atau kapasitas untuk batch kedua setelah tenaga kesehatan, ya kita akan kejar. Kita sebenarnya tinggal nunggu kiriman saja,” tegas Ganjar.

Sementara itu, terkait dengan vaksinasi Tahap I untuk tenaga kesehatan, Ganjar menyebutkan, jika progresnya hingga kini sudah bagus. Meski tak merinci secara detail, Ganjar memastikan, bila vaksinasi di Jateng berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Kapolri Izinkan Kompetisi Sepak Bola di Masa Pandemi, dengan Catatan Harus Taat Protokol Kesehatan

”Progresnya bagus, tinggal kita komunikasi sama Pak Menteri, agar beberapa dari target yang vaksinnya kemarin masih kurang, mohon kiranya bisa dikirim lebih cepat, karena sebenarnya dari sisi tenaga kan bagus, kesiapannya bagus, manajemennya bagus, tinggal vaksinnya saja,” tukasnya.

Sebagai informasi, pemerintah kembali menyediakan 38,4 juta dosis dalam program vaksinasi Tahap II. Perincian sasarannya terdiri dari, 16,9 juta pekerja pelayanan publik dan 21,5 juta masyarakat lanjut usia (lansia) yang berusia 60 tahun ke atas.

Vaksinasi Tahap II sudah mulai berjalan. Vaksinasi kepada petugas pelayanan publik dimulai dengan pemberian pertama kepada pedagang pasar di Tanah Abang pada Rabu (17/2/2021). Sedangkan di Jateng, belum mendapat tambahan vail vaksin untuk Tahap II.

Riyan-Sol