blank
Piagam Penghargaan (Bagus Adji)

SURAKARTA(SUARABARU.ID) Suarabaru.id menerima penghargaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta. Penghargaan katagori Media Sosialisasi  dalam Pemilihan  Wali Kota dan Wakil Wali Kota  Surakarta tahun 2020 diserahkan Ketua KPU Nurul Sutarti S.P,MSi dalam acara di Solo, Selasa (16/2). KPU juga menyerahkan penghargaan kepada  tiga TPS

Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti S.P, MSi dalam sambutannya mengemukakan, penghargaan merupakan bentuk terima kasih kepada media yang telah men-support KPU selama hampir satu tahun. Support itu dalam bentuk pemberitaan di media cetak, online , atau pun di TV.

Tanpa adanya bantuan media dipastikan tingkat partisipasi  pemilih dalam Pemilihan  Wali Kota dan Wakil Wali Kota  Surakarta tahun 2020 tidak seperti yang sudah terjadi. Seperti diketahui pada masa pandemi tidak semua masyarakat ikut terlibat aktif dalam menggunakan hak pilihnya.

Penyebabnya selain mungkin  karena politik, tetapi tidak tertutup kemungkinan adanya rasa ketakutan atau keengganan masyarakat  menggunakan hak pilihnya di TPS.

Tetapi karena sosialisasi dan adanya pemberitaan di media cetak atau elektronik  maupun TV ataupun media online maka tingkat partisipasi meskipun ada sedikit penurunan tetapi  masih berada  diatas 70 persen .

“Sekali lagi terima kasih atas kerja samanya  dan mohon maaf bila di dalam memberikan informasi KPU Surakarta terkesan tak sebagaimana diharapkan teman-teman”, terangnya.

Partisipasi Tinggi

Pada bagian lain sambutannya menyebut,  penghargaan juga diberikan kepada tiga TPS. Meliputi TPS 39 Kelurahan Banjarsari  Kecamatan Banjarsari dan TPS 14 Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan  terkait keunikan para penyelenggara.

Penghargaan juga diberikan kepada TPS 110 Mojosongo Kecamatan Jebres karena tingkat partisipasi pemilih mencapai 91,71 persen.

Secara terpisah dari penyelenggara menyampaikan keterangan, tercatat  sebanyak 34 media mendapatkan penghargaan yang terbagi dalam enam katagori. Meliputi Katagori Pendidikan Pemilih, Katagori Tahapan Pemilih,

Katagori Protokol Kesehatan, Katagori Cek dan Ricek, Katagori Patner  dan Katagori Media Sosialisasi.

Bagus Adji