blank
Rapat koordinasi PPKM secara virtual yang digelar siang tadi.

JEPARA(SUARABARU.ID)-Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro akan lebih ditingkatkan baik regulasi maupun penindakannya.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi penerapan PPKM Mikro, yang diikuti Bupati Jepara Dian Kristiandi, bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, pada Selasa (16/2/2021), di ruang kerja bupati.

Rapat virtual ini, juga diikuti sejumlah menteri, bersama dengan kepada daerah di 123 kabupaten dan kota, di 7 provinsi di Indonesia. Diharapkan, PPKM berskala Mikro ini benar-benar dilaksanakan, hingga di tingkat RT.

Selain bupati, juga diikuti oleh Sekda Jepara Edy Sujatmiko, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Edy Marwoto, dan pejabat terkait.

Dalam sambutannya Mendagri Tito Karnavian berharap untuk meningkatkan regulasi PPKM Mikro di tingkat daerah dari Peraturan Kepala Daerah (Perkada), menjadi Peraturan daerah (Perda).

Hal ini, agar menjadi landasan hukum yang lebih kuat untuk melakukan penindakan. “Saya berharap, agar PPKM Mikro ini benar-benar dilaksanakan, dan ditingkatkan,” katanya lewat virtual.

Sementara, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, saat ini hampir semua desa sudah melaksanakan pembuatan posko, dan ruang isolasi. Bahkan beberapa di antaranya sudah ada yang ditempati.

Saat ini, desa sudah melakukan pemetaan zonasi untuk PPKM Mikro. Perlu diverifikasi yaitu basis zona di tingkat RT. Untuk 0 kasus Covid masuk zona hijau, 1 – 5 rumah yang postif Covid masuk zona kuning, 6 – 10 rumah zona oranye, dan lebih dari 10 rumah zona merah. “Hitungannya kita pakai rumah, jika 1 rumah ada 2 atau 3 pasien terkonformasi Covid, hitungannya tetap 1,” kata dia.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyambut baik, apa yang disampaikan Mendagri. Bupati, langsung menginstruksikan kepada Sekda Jepara Edy Sujatmiko, bersama pimpinan perangkat daerah untuk melaksanakan arahan tersebut.

“Kita segera akan tindaklanjuti rapat koordinasi hari ini. Saya berharap kasus Covid-19 di Jepara semakin menurun,” katanya.

Hadepe ua