Pedagang Pasar Pagi Madusari Wonosobo mendapat sosialisasi pencegahan penyakit Covid-19. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Operasi penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19, Selasa (16/2) pagi ini, dilakukan pada pedagang di Pasar Pagi Madusari Wonosobo.

Giat operasi prokes Covid-19 yang dimulai pukul 05.30 WIB hingga jam 08.00 WIB itu, digelar dalam rangka menekan penularan dan penyebaran virus Corona di kalangan pedagang dan pengunjung pasar pagi.

Operasi dilakukan anggota Babinsa Koramil 01/Wonosobo, yang dipimpin Serka Choirul Anam. Sejak pagi beberapa anggota TNI-AD, sudah bersiap di komplek pasar pagi, untuk melakukan operasi sekaligus sosialisasi pencegahan penyakit Covid-19.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka penegakan disiplin mewujudkan masyarakat yang produktif dan sehat. Aman dari penularan dan penyebaran penyakit Covid-19 khususnya di wilayah Wonosobo.

Prokes Covid-19

Suasana Pasar Pagi Madusari Wonosobo saat digelar operasi penegakan disiplin prokes Covid-19. Foto : SB/Muharno Zarka

Danramil 01/Wonosobo Kapten Inf Sugeng Haryanto menambahkan, penegakan prokes Covid-19 dilakukan agar kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi peraturan pemerintah dengan melaksanakan prokes Covid-19 sebagaimana mestinya.

Pihaknya juga menghimbau warga agar menerapkan disiplin prokes Covid-19 terutama tentang penggunaan masker bagi masyarakat yang keluar rumah. Termasuk ke tempat keramaian seperti ke pasar dan tempat lainya.

“Ketika ditemukan pelanggar disiplin prokes Covid-19 petugas tidak akan segan-segan mengambil tindakan seperti halnya warga diminta untuk kembali ke rumahnya mengambil masker,” tambahnya.

Karena pandemi global Covid-19 masih berlangsung, ujar dia, warga harus rajin menerapkan 3M, yakni selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak antar sesama, menghindari kerumunan dan keramaian.

Muharno Zarka