Warga dan aparat kepolisian Polsek Kaliwiro Wonosobo berusaha mengerek mobil yang nyungsep di tengah jalan. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sebuah mobil Toyota Kijang LX Nopol AA 8583 VF, yang dikemudikan Andi Asmara (31), warga Dusun Rowojali RT 01 RW 02 Desa Tieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo, Selasa (16/2), sekitar pukul 08.45 WIB, nyungsep di lubang tengah jalan jalan raya Kaliwiro-Selomanik.

Peristiwa aneh dan langka itu terjadi di jalan raya Selomanik-Kaliwiro, tempatnya di Kampung Siton Dusun Pengempon Desa Kemiriombo Kaliwiro Wonosobo. Jalan yang menghubungkan wilayah Kaliwiro dengan Kalibawang itu, setiap hari ramai dilalui pengendara bermotor.

Sontak kejadian tersebut membuat pengemudi dan penumpang di dalam mobil kaget dan shock. Sebab, jalan yang dilewati mendadak ambles dan menimbulkan lubang yang cukup lebar dan dalam. Mobil pun tiba-tiba salto terperosok di dalam lubang di tengah jalan.

Kapolsek Kaliwiro IPTU Budi Rustanto, pagi tadi melaporkan, di dalam mobil warna biru tua itu, terdapat 7 penumpang. Empat penumpang dewasa dan 3 penumpang anak-anak. Semua penumpang dalam keadaan sehat alias tidak ada korban jiwa, meski mobil yang ditumpangi sempat dalam posisi berdiri.

Karena terjadi di tengah jalan dan arus lalu lintas saat itu cukup ramai, peristiwa unik itu, sempat menjadi tontonan banyak warga sekitar dan pengguna jalan yang kebetulan tengah lewat. Mereka lalu bersama-sama berusaha menolong korban yang tejebak di dalam mobil.

Gorong-Gorong

Mobil Toyota Kijang LX yang salto di jalan Siton Pengempon Kemiriombo Kaliwiro Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

IPTU Budi Rustanto menuturkan, di bawah jalan yang tiba-tiba ambles dan berlubang terdapat gorong-gorong saluran air. Karena diduga sudah keropos, gorong-gorong tidak kuat menahan beban mobil yang ada di atasnya dan mendadak ambles.

“Waktu itu, pengemudi dari arah Desa Kauman Kaliwiro mau balik ke Rowojali Tieng Kejajar. Saat melintas di atas gorong-gorong mobil berjalan pelan. Sebab dari arah berlawanan ada mobil lain yang mau lewat. Pengemudi agak menepi dan berjalan pelan karena jalan sempit,” kisahnya.

Berkat kerjasama personil Polsek Kaliwiro dan warga setempat, mobil bisa segera dikerek setelah semua penumpang berhasil dievakuasi dari dalam mobil. Proses evakuasi penumpang berlangsung cukup dramatis karena mobil dalam posisi berdiri dan pintu susah didibuka.

Andi Asmara mengaku baru saja bepergian dan menginap dari rumah saudaranya di Desa Kauman Kecamatan Kaliwiro. Pagi itu, dirinya berniat pulang ke Rowijali Tieng Kejajar. Tapi nahas di tengah perjalanan mobil yang dikemudikan terjungkal di lubang di tengah jalan.

“Alhamdulillah semua penumpang aman dan tidak ada yang terluka parah. Mobil juga hanya rusak di bagian bemper depan. Saya dan keluarga juga bisa langsung melanjutkan perjalanan pulang ke rumah dengan mobil yang sama,” pungkasnya.

Muharno Zarka