blank
Plh Bupati Demak Joko Sutanto (kelima dari kiri) bersama Manager Djarum Foundation Bakti Sosial, Purwono Nugroho (keempat dari kanan), berfoto bersama usai menerima alat bantu pernapasan HFNC. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Pemerintah Kabupaten Demak kembali menerima bantuan dari Djarum Foundation, berupa 10 alat bantu pernafasan (HFNC), untuk penanganan pasien covid-19.

Penyerahan bantuan itu dilakukan di Posko Gugus Tugas Covid-19, di lingkungan Sekretariat Daerah, Senin (15/2/2021). Alat bantu pernafasan ini kemudian diberikan ke RSUD Sunan Kalijaga.

Manager Djarum Foundation Bakti Sosial, Purwono Nugroho sendiri yang menyerahkan bantuan itu, dan diterima Plh Bupati Demak Joko Sutanto, didampingi Sekda Singgih Setyono, Asisten Pemerintahan AN Wahyudi, Asisten Administrasi Hadi Waluyo, Kepala Dinkes Guvrin Heru Putranto, Direktur RSUD Sunan Kalijaga Debbi Armawati, dan dr Mulyono Aji.

BACA JUGA: Soal Banjir Kudus, Wakil Ketua DPRD; Rakyat Jadi Korban Regulasi

Purwono Nugroho menyampaikan, bantuan ini merupakan bentuk dukungan bagi para pasien covid-19, yang dirawat di RSUD Sunan Kalijaga.

”Ini sebagai bentuk dukungan dan perhatian dari kami, untuk pasien covid-19 yang sedang dirawat di rumah sakit. Kami juga memberikan apresiasi untuk para tenaga medis, yang telah menjadi garda terdepan dalam menangani wabah ini. Semoga bantuan ini dapat membantu kesembuhan pasien,” kata dia.

Sementara itu, Sekda Singgih Setyono yang mewakili Pemkab Demak berharap, bantuan ini dapat mempercepat kesembuhan pasien, dan mampu menurunkan angka penderita covid-19 di Kabupaten Demak.

BACA JUGA: Pelajar Grobogan Diminta Turut Implementasikan Disiplin Lalu Lintas

”Atas kepedulian dan bantuan Djarum Foundation, kami berharap bisa bermanfaat terhadap penanganan covid-19 di Kabupaten Demak,” ujarnya, seraya menyebutkan, Djarum Foundation sebelumnya juga sudah pernah membantu memberikan APD lengkap untuk nakes yang menangani pasien covid-19.

Sedangkan dr Mulyono Aji (Spesialis Paru-Paru), yang saat ini bertugas menangani pasien covid-19 di RSUD Sunan Kalijaga, menyampaikan apresiasinya terhadap Djarum Foundation atas kepeduliannya pada pasien yang telah terpapar yang kini sedang dalam perawatan.

Dia mengakui, alat ini sangat efektif membantu pasien covid-19, sehingga mencegah penderita masuk ke tahap yang lebih berat lagi.

Sebagai informasi, HFNC ini berfungsi membantu pasien covid-19 yang mengalami masalah pernafasan tingkat menengah, dengan cara mengalirkan oksigen beraliran tinggi ke dalam paru-paru. Alat ini sudah lolos uji dari balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Rudy-Riyan