blank
Ferdinand Siregar (Area Manager West Indonesia/kiri) bersama Sandra Darmosumarto, Public Relations Manager tiket.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pioner Online Travel Agent (OTA) di Indonesia yang akan merayakan ulang tahunnya yang ke-10 pada tahun ini, tiket.com, menyapa jurnalis di Kota Semarang, sekaligus memaparkan kinerja bisnis Hotel dan Akomodasi di Indonesia bagian barat, terutama di Kota Semarang.

Pada kuartal Q4 2020, tiket.com terus memecahkan rekor, dan mencetak prestasi dalam pencapaian penjualan dan pemesanan hotel. Dimana tingkat recovery okupansi hotel terus mengalami lonjakan sebesar 122 persen. Sedangkan kontribusi bisnis Akomodasi secara keseluruhan melonjak sebesar 118 persen (termasuk NHA-non hotel accomodation).

Berdasarkan keterangan dari Ferdinand Siregar, Area Manager West Indonesia tiket.com, pemulihan bisnis perhotelan di Indonesia pun sudah mulai mengarah ke arah positif, termasuk di Kota Semarang.

BACA JUGA: Temanggung Luncurkan ‘Mustika Desa’ untuk Pulihkan Ekonomi

”Kami mencatat, angka pemesanan hotel di Kota Semarang naik sebesar 108 persen. Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang tinggi, untuk kembali liburan atau mengganti suasana dengan melakukan staycation ataupun work from hotel, di hotel dekat rumah,” kata Ferdinand dalam keterangannya di Semarang, Senin (15/2/2021).

Menurut dia, sejak pandemi covid-19, fokus utama tiket.com adalah untuk mendukung upaya Pemerintah mempercepat pemulihan industri pariwisata. Berbagai upaya dan inovasi pun ditempuh tiket.com, sebagai manifestasi nyata komitmen dan janji itu. Salah satunya adalah fitur tiketclean.

Tiketclean merupakan solusi cerdas dari tiket.com, dalam mendukung program pemerintah untuk menekan laju angka covid-19, sembari turut mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia.

BACA JUGA: Turnamen New Kingdom Billiard Lahirkan Juara Baru

Label itu diberikan tiket.com kepada semua mitra operator pariwisata, yang telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan, sehingga aman dikunjungi masyarakat.

”Hingga saat ini, terdapat lebih dari 10.600 hotel di Indonesia yang telah mendapatkan label tiketclean. Khusus di Kota Semarang, 210 hotel telah berlabel tiketclean. Jumlah mitra hotel yang berlabel tiketclean pun tumbuh rata-rata 40 persen per kuartal,” tambah Ferdinand.

Selain itu, tiket.com juga berpartisipasi dalam inisiatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yaitu InDOnesia Care yang memastikan bahwa tempat wisata dan akomodasi menerapkan protokol kesehatan dan tersertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety and Environment).

”Kami percaya, kemitraan berkelanjutan merupakan solusi kunci dalam mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia. Kolaborasi strategis antara tiket.com dan Kemenparekraf, pastinya akan membawa dampak positif. Kami optimistis akan pemulihan menyeluruh sepanjang tahun 2021 ini,” tandas Gaery Undarsa, Chief Marketing Officer tiket.com.

Riyan-Sol