blank
Rumah roboh diterjang banjir bandang akibat alirean sungai tersumbat rumpun bambu.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Hujan deras yang terjadi  di Kecamatan Keling dan Donorejo semalam, mengakibat  rumpun bambu dan pohon randu roboh dan  terseret banjir kealiran sungai.

Akibatnya pohon tersebut menutup saluran air yang mengalir dalam debit yang sangat tinggi hingga meluap kepemukiman dukuh Tempur Desa  Sumber Rejo, Kecamatan Donorojo.

blank
Roboh diterjang banjir bandang di dukuh Tempur, Desa Sumberejo, Donorojo.

Banjir bandang yang terjadi  Sabtu (13/2-2021) jam 03.00 WIB itu  mengakibatkan rumah  Kapit, warga  RT 01 /  RW 01 tertimpa longsoran material  dan banjir.

Akibatnya   bangunan dapur dengan bahan material kayu doyo dan genting ukuran 6×9 meter terkubur material longsoran. Juga peralatan dapur beserta dengan hewan ternak (ayam, bebek)

blank
Rumah roboh di dukuh Tempur, Desa Sumber Rejo, Dono Rojo.

Korban lain adalah rumah  Aslikah RT 1 RW 1 yang tertimpa longsoran dan menyebabkan bangunan dapur roboh. Juga rumah Sapuan RT 1 RW 1 yang rumahnya tertimbun tanah longsong. Rumah dengan bahan material kayu doyo dan genting pres  ini walaupun masih berdiri tetatpi terjadi kerusakan atap yang cukup parah.

blank
Penyerahan bantuan logistik oleh BPBD Jepara

Saat ini masyarakat gotong royong membersihkan  aliran sungai yang tersumbat rumpun bambu   dan dilanjutkan kerja bakti membersihkan dan memperbaiki  rumah warga yang roboh.

Kasi Kedaruratan  dan Logistik BPBD, Mujiono membenarkan yang dihubungi siang ini membenarkan peristiwa tersebut. Ia bersama  Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi  Muh Ali Wibowo berada di lokasi bersama tim untuk memberikan bantuan dan melakukan pendataan secara langsung.

Hadepe -ua