Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari dan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz meletakkan batu pertama pembangunan Markas Kodim 0709 di Jalan Lingkar Selatan Kebumen, Rabu 10/2.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Panglima Kodam (Pangdam) IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari SIP MSi meletakkan batu pertama pembangunan relokasi Markas Kodim 0709 Kebumen yang baru di area seluas 1,4 hektare, di Jalan Lingkar Selatan Kebumen, Rabu (10/02/2021).

Kegiatan sederhana karena situasi Pandemi Covid-19 in menjadi i momen penting . Bahkan menjadi sejarah baru di Kabupaten Kebumen. Maklumlah, selama 70 tahun Markas Kodim 0709 Kebumen (Makodim) masih menumpang atau menempati Tanah Pemrov Jateng di bekas Pabrik Minyak Mexolie Sari Nabati di Jalan Merak 1-3 Panjer,Kebumen.

Pangdam lV Diponegoro mewakili KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengucapkan banyak terima kasih Kepada Bupati Kebumen dan jajaran Pemkab Kebumen. Pada saat kunjungannya tahun lalu ada komunikasi bersama Pemkab Kebumen. Tahun ini komitmen KSAD  memberikan kontribusi nyata membangun  Makodim 0709 Kebumen di lokasi tanah hibah bersebelahan dengan Terminal Bus Tipe A Kebumen.

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari berbincang dengan Bupati Kebumen Yazid Mahfudz di lokasi peletakan batu pertama Markas Kodim 0709 Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Pangdam berharap pembangunan Makodim merupakan perluasan pengembangan Kawasan Kota Kebumen. Hari ini tempat Makodim ini masih sepi, 3- 5 tahun ke depan akan menjadi ramai dan menjadi perluasan Kota.  Apalagi ke depan dari tempat ini ada Exit Tol Yogya-Cilacap tentu  akan mempercepat perkembangan Kota Kebumen.

“ini merupakan sinergitas nyata Pemerintah Kabupaten Kebumen dengan instansi vertikal akan sangat membantu perkembangan pembangunan dan perekonomian di daerah. Hal ini akan memberikan  kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kebumen ,”ujarnya  seraya menambahkan, bangunan baru Makodim 0709 itu akan berbeda bentuknya dengan Makodim lain di Kodam IV.

Sedangkan Bupati Yazid Mahfudz mengatakan, hibah tanah sebenarnya hanya mengalihkan pengelolaan aset negara dari Pemkab Kebumen kepada TNI AD.”Tanah itu masih aset negara, hanya dialihkan saja kepada TNI AD,”ujar Yazid.

Doa dipanjatkan usai peletakan batu pertama pembangunan Markas Kodim 0709 Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Salah satu pertimbangan hibah tanah itu, selama 70 tahun lebih Kodim 0709 Kebumen menempati tanah milik BUMD Jateng. Sebagai pengguna, Kodim tidak bisa membangun markas di lahan itu, karena bukan aset TNI AD.

Berdasarkan pertimbangan tersebut Pemkab Kebumen mengibahkan tanah, yang selama ini menjadi bagian rencana pengembangan terminal bus Kebumen sehingga TNI AD bisa membangun markas Kodim di lahan sendiri.

Acara dihadiri Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan SlP MM, Kazidam IV Diponegoro Kol Czi Joko Rahmanto, Asren Kasdam IV Diponegoro Kolonel Inf Heri Setiyanto, Aslog Kasdam IV Diponegoro Kolonel Inf Amin Taufik dan Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang SE MM.

Jajararn Forkompinda Kebumen dan pejabat Kebumen antara lain hadir Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama SH SIK, Kajari Kebumen Slamet Riyanto SH MH, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Asisten 1 Sekda  Amin Rahmanurrajid SH MH, serta Kabag Tapem Setda Kebumen Agus Susanto MSi.

Komper Wardopo