blank
Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LIV Yonarhanud 15 Pd IV/Diponegoro saat workshop pembuatan kain shibori di Aula Gelatik Yonarhanude 15. Foto: Ning

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LIV Yonarhanud 15 Pd IV/Diponegoro, menggelar workshop pembuatan kain shibori yang bekerja sama dengan keikat.id.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Gelatik Yonarhanud 15 dikuti oleh perwakilan anggota Persit Yonarhanud 15 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua Persit KCK Cabang LIV Yonarhanud 15, Riska Muda Setyawan menjelaskan, shibori, berasal dari Jepang dari kata kerja ‘shiboru’ merupakan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan. “Motif yang dihasilkan seringkali tak jauh berbeda dengan batik, meskipun dari segi pengerjaan lebih mudah dan sederhana,” ujar Riska, Minggu (7/2/2021).

Kegiatan pembuatan shibori yang dilakukan oleh anggota Persit Yonarhanud 15 menggunakan pewarna alam dari daun indigofera tinctoria yang menghasilkan warna biru sebagai ciri khas dari shibori.

“Penggunaan pewarna alam ini diharapkan bisa menjaga kelestarian alam dengan sedikit limbah yang dihasilkan dalam pembuatan kriya pada textile,” ujarnya.

Menurut Riska, tujuan kegiatan ini pada satu sisi untuk mengembangkan jiwa kreativitas para anggota Persit Kartika Chandra Kirana, agar setiap waktu wawasannya bertambah pengetahuan dan keterampilannya.

Pada sisi lain, untuk menciptakan peluang wira usaha sekaligus menambah penghasilan ekonomi keluarga, apabila ditekuni dengan baik

Dirinya berharap para anggota dapat menyerap dan mempelajari ilmu keterampilan ini sebaik mungkin.

Diharapkan nantinya para anggota mampu membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan.

Ning