blank
Suasana lengang di Pasar Jepara dua pagi ini.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Walaupun masih diizinkan untuk buka,  namun sejumlah pasar di Jepara nampak sepi. Bahkan tidak lebih 50 % pedagang yang berjualan. Suasana lengang nampak di pasar Jepara Dua,  pasar Margokerto, Kelet, Pasar Mayong, Pasar Mlonggo, Pasar Mindahan,  Pasar Bangsri, Pasar Pecangaan dan pasar Tawar.

Suasana kota Jepara hingga jam 07.55 WIB juga nampak sepi. Tidak banyak warga yang melewati jalan diseputar kota Jepara. Juga di jalan-jalan desa.

blank
Saudara Swalayan Jepara dan Tahunan tutup dua hari sebagai bentuk dukungan terhadap upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19

Sementara Swalayan Saudara baik yang ada di Tahunan maupun Jepara memilih tutup total selama dua hari, Sabtu dan Minggu. Walaupun dalam  perkembangan terakhir, berdasarkan rekomendasi Forkopimda Jepara mall masih boleh buka hingga jam 20.00 WIB

“Berdasarkan keputusan manajemen, Saudara  Swalayan tutup selama dua hari.  Ini wujud  kepedulian dan peran serta Saudara Swalayan  dalam mengurangi angka penyebaran Covid- 19 di Jepara dan Jawa Tengah,” ,” ujar Marlin Kasidi, Humas dan Keamanan Saudara Swalayan.

Menurut Marlin Kasidi, melalui gerakan dua hari di rumah dengan ini  dapat menekan angka penyebaran Covid-19. “Kami akan buka kembali pada  hari Senin tanggal 8 Februari 2021” ujarnya. Waktu penutupan dua hari digunakan manajemen untuk melakukan pembersihan swalayan.

blank
Pasar Margokerto Desa Bondo juga nampak sepi pagi ini.

Sementara Kepala Pasar Lebak Dirin yang dihubungi SUARABARU.ID menjelaskan, fihaknya bersama Petinggi dan Puskesmas Pakis Aji telah melakukan penyuluhan. “ Bahkan kami telah membuka posko Covid-19,” ujarnya pagi ini.

Sedangkan dari Pasar Mayong, Kepala Pasar Susilo menjelaskan kesadaran pedagang dan masyarakat cukup tinggi. “Pasar buka tetapi pedagang dan warga tidak banyak. Padahal pasar ini memiliki 1.500 pedagang” ujar Susilo.

blank
Suasana pasar Mayong pagi ini juga lengang seperti yang nampak pada los tahu tempe.

Pagi ini menurut rencana aparat gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Satpol PP akan melakukan operasi penertiban. “Harapan kami kita dapat terus meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Atas nama Satgas kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua warga masyarakat yang telah ambil bagian dalam gerakan dua hari di rumah,” ujar Wakil Ketua Satgas Edy Sujatmiko, S.Sos, MM, MH.

Hadepe- ua