blank
Pengurus dan Tim Relawan DPD Gerindra Jateng, menyiapkan makanan di dapur umum yang didirikannya. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– DPD Partai Gerindra Jateng mulai Sabtu (6/2/2021) membuka dapur umum di kantornya Jalan Kanguru Raya 12 Semarang. Kegiatan spontan itu atas instruksi Ketua DPD H Abdul Wachid, usai mengikuti rapat virtual bersama DPP dalam rangka HUT ke-13 Partai Gerindra.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro menjelaskan, sehubungan dengan cuaca ekstrem dan banyaknya bencana banjir dan tanah longsor di Jateng, pihaknya memutuskan untuk menunda pelaksanaan resepsi HUT ke-13 Partai Gerindra di tingkat Jateng. Kegiatan yang semula akan dilangsungkan Senin (8/2/2021) diundur Minggu (14/2/2021).

”Mengingat cuaca ekstrem belakangan ini, dan banyaknya musibah banjir dan tanah longsor di Jateng, kami putuskan untuk menunda kegiatan yang bersifat seremoni,” kata Sriyanto dalam keterangannya di Semarang, Sabtu (6/2/2021).

BACA JUGA : Sejumlah Lokasi di Kota Semarang Terendam Banjir dan Longsor

blank
Pendirian dapur umum ini dilakukan, sebagai rasa empati Partai Gerindra atas bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi saat ini. Foto: dok/ist

Sementara itu, bertepatan dengan HUT ke-13 Partai Gerindra pada Sabtu (6/2/2021), DPD dan DPC se-Jateng, mengikuti acara virtual bersama DPP yang dipusatkan di Hambalang. Bersamaan dengan itu, dikukuhkan Pengurus DPP Periode 2020-2025 oleh Ketua Umum/Ketua Dewan Pembina H Prabowo Subianto.

Menurut Sriyanto, Ketua DPD menginstruksikan semua kadernya fokus ikut terlibat menangani bencana di berbagai daerah ini. Atas dasar itu, secara cepat tim DPD bersama relawan langsung mendirikan dapur umum.

Para anggota fraksi DPRD Jateng bersama pengurus pun, juga menyalurkan bantuan sembako ke sejumlah lokasi terdampak banjir. Selain itu, seluruh DPC dan anggota DPRD Kabupaten/Kota, juga diinstruksikan melakukan hal yang sama.

”Saat-saat ini, seluruh kader kita instruksikan untuk terlibat langsung membantu penanganan bencana ini. Banyak saudara-saudara kita yang butuh uluran tangan guna membantu warga yang terdampak bencana banjir maupun tanah longsor,” ujar Sriyanto lagi.

BACA JUGA : Akibat Beberapa Wilayah Banjir, Jalur Kereta Api Dialihkan

Sejumlah DPC yang wilayahnya juga dilanda banjir selain Kota Semarang seperti, Kabupaten Demak, Jepara, Kudus, Pati, Kendal, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan dan lainnya, juga secara serentak melakukan aksi sosial, berupa pembagian makanan maupun sembako bagi warga terdampak.

Untuk mendukung operasional dapur umum maupun droping bantuan, Gerindra Jateng juga menerjunkan tim relawan yang sudah terlatih, Satria Resque Team (SRT). Tim ini juga yang diterjunkan ke bencana erupsi Gunung Merapi maupun banjir di Kudus, belum lama ini.

Dua hari yang lalu, Ketua DPD bersama dengan beberapa pengurusnya, juga telah menyalurkan lebih dari dua ton beras kepada warga terdampak banjir di Kudus dan Jepara.

Riyan