blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat melihat kondisi tanggul di Desa Gedangan. Welahan ( Foto : AP )

JEPARA (SUARABARU.ID) –Bantuan logistik (banlog) bagi warga terdampak banjir di Desa Gedangan, Kecamatan Welahan, telah diserahkan oleh Bupati Jepara Senin (1/2/2021). Setelah memasok bantuan, bupati bersama rombongan langsung memeriksa lokasi kejadian.

Bupati Jepara Dian Kristiandi, didampingi  Forkopimcam Welahan,  petinggi beserta perangkatnya, harus melewati genangan air untuk mengecek kondisi banjir. Diketahui, guyuran hujan deras selama beberapa hari terahkir menyebabkan debit Sungai Serang Welahan Drainage (SWD) 1 meningkat, dan meluap ke pemukiman warga. “Tanggul sungai tidak mampu membendung sehingga limpas ke pemukiman,” ujarnya.

blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi didampingi Forkopimcam Welahan saat mengunjungi Desa Gedangan, Welahan ( Foto : AP )

Dikatakannya, Pemkab Jepara siap bersinergi dengan pihak-pihak terkait agar banjir di wilayah aliran SWD-1 tak terulang. Andi pun menyatakan sudah berkomunikasi dengan Pemprov Jateng, dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali – Juana.

“Bilamana memang di situ ada titik-titik tertentu yang harus kita perbaiki, kita bisa support kepada mereka, kita komunikasikan untuk melakukan bantuan,” kata bupati.

Menurutnya, secara umum kondisi sungai dan saluran air di wilayah itu sudah baik. Dari BBWS juga sudah melakukan upaya pencegahan sebelumnya. Namun, tingginya intensitas hujan dan bertambahnya volume air dengan cepat, membuat limpasan air di beberapa titik.

“Setiap langkah kegiatan yang memang harus dilakukan hari ini, sudah sebenarnya mereka (BBWS-pen) melakukan normalisasi, mulai dari Kudus sampai ke perbatasan Welahan ini,” terang Andi.

Banjir luapan SDW-I ini memang kerap kali terjadi di kawasan ini. Kali ini, ada 77 kepala keluarga di Desa Gedangan yang terdampak. 47 warga di wilayah RT. 01/ RW. 02, sisanya warga RT. 03/ RW. 01.

Hadepe