blank
Banjir masih mengenangi Desa Gedangan, Welahan.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Banjir yang melanda wilayah  RT 01 RW 02 dan RT 03 RW 01  Desa   Gedangan  sejak tanggal 28 Januari 2021 jam 23.00 WIB hingga Minggu (31/1-2020) malam belum juga surut. Setidaknya  sekitar  77 KK terdampak banjir dengan ketinggian hingga 80 Cm. Banjir diakibatkan meluapnya air serta rusaknya pintu sungai SWD 1.

Camat Welahan Sundari yang dihubungi SUARABARU.ID  Minggu malam membenarkan sampai hari keempat ini masih saja terjadi genangan di  dua RT di desa Gedangan, walaupun sudah agar berkurang. “Biasanya 4 hari bisa surut. Namun mulai Kamis  sampai hari  Minggu malam, masih ada gebangan air.

Menurut Sundari, selama SWD1 belum surut dan hujan tidak  berhenti, sepertinya wilayah  RT 1/ RW 2 dan  RT 3/ RW 1 Gedangan akan terus terkenang. Karena posisi kedua wilayah RT ini legok.  “Akibatnya air dari dalam tidak bisa keluar karena SWD 1  debitnya tinggi. Harapan dan doa kami hujan mereda hingga air SWD 1 segera surut” ujarnya.

Sementara itu Minggu (31/1-2021) dilaporkan kembali terjadi tanah longsor  di Desa Petekeyan Tahunan. Akibatnya rumah Warsono yang berada diwilayah RT 8 RW.02 Kecamatan Tahunan, Jepara roboh pada bagian dapur dan kamar mandi ikut roboh.

Tanah longsor tersebut terjadi setelah hujan deras mengakibatkan debit air sungai meningkat dan mengikis  senderan pembatas rumah dengan sungai longsor selebar 15 meter dengan tinggi 4 meter. Taksiran kerugian  Rp. 35.000.000.

Hadepe