blank
Ilustrasi pengiriman BBM dari depo Pertamina regional JBT Jateng-DIY. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebagai upaya antisipasi kelancaran penyaluran BBM dan LPG, akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Merapi, Pertamina menyiagakan seluruh fasilitas BBM dan LPG, khususnya yang berada di radius potensi terkena dampak erupsi.

Hal itu seperti yang diungkapkan Pjs Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Arya Yusa Dwicandra, dalam keterangan persnya, Kamis (28/1/2021).

”Di sekitar Gunung Merapi terdapat dua fasilitas Terminal BBM kami, yaitu di Rewulu, DI Yogyakarta dan Boyolali. Sebagai antisipasi, kami telah menyiapkan stok dan penyaluran dari Terminal BBM Semarang Grup dan Maos di Jawa Tengah, hingga Terminal BBM di Madiun di wilayah Jatim, untuk mendukung pasokan jika seandainya terjadi keadaan darurat,” kata dia.

BACA JUGA : Antisipasi Bencana, Semarang Siap Siaga Mitigasi Bencana

Arya menjelaskan, saat ini penyaluran BBM dan LPG di wilayah Jawa Bagian Tengah sebanyak 11.073 Kiloliter (KL) untuk BBM jenis gasoline, 4.958 KL BBM jenis gasoil dan 4.255 metric ton (MT) untuk LPG.

”Keadaan stok BBM dan LPG saat ini sangat mencukupi, dan kami terus memonitor perkembangan terkini situasi Gunung Merapi, serta pemenuhan kebutuhan BBM dan LPG masyarakat,” ujarnya.

Selain terdapat dua Terminal BBM di sekitar wilayah Gunung Merapi, terdapat pula 19 SPBU, 1 Pertashop, dan 1 SPPBE, dengan jarak rata-rata lebih dari 10 kilometer dari Gunung Merapi. Dan saat ini masih beroperasi normal, serta tidak ada kendala.

”Konsumen tidak perlu khawatir mengenai pasokan BBM dan LPG, karena Pertamina bersama seluruh stakeholders di wilayah potensi terdampak, telah berkoordinasi dan memastikan kelancaran pasokan BBM serta LPG,” imbuhnya.

BACA JUGA : Hujan Lebat Akibatkan Tanah Longsor Tutupi Pekarangan Rumah Samsuri

Pertamina juga akan terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Merapi, serta berkoordinasi dengan seluruh stakeholders yang berada di wilayah Jateng dan DIY.

Tak hanya itu saja, Pertamina di wilayah Jawa Bagian Tengah juga memastikan kelancaran pasokan BBM dan LPG di tiga wilayah Jateng yang berpotensi terdampak erupsi Gunung Merapi, yaitu Kabupaten Boyolali, Magelang dan Klaten, serta Kabupaten Sleman (DIY).

”Kami akan memastikan kelancaran pasokan BBM dan LPG kepada masyarakat. Jika ada kebutuhan informasi maupun masukan dan saran, masyarakat atau konsumen dapat menghubungi kontak Pertamina 135,” terangnya.

Heri Priyono-Riyan