blank
Tower Triangle CCTV milik Dishub Demak yang roboh, kini hanya bersandar pada kawat listrik yang sudah tidak aktif. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Tower Triangle CCTV milik Dinas Perhubungan Kabupaten Demak roboh, akibat diterjang angin kencang, pada Rabu (27/1/2021) petang. Tower setinggi 30 meter ini mengalami putus tali sling, akibat tidak mampu menahan angin yang disertai hujan yang mengguyur wilayah Demak.

Kondisi towernya sendiri ada dibelakang kantor uji KIR kendaraan di lingkungan Dishub. Tower bahkan terlihat miring, dan hanya bertumpu pada kawat listrik yang sudah tidak terpakai.

Menurut Plt Kasi Rekayasa, Sunoto, tower itu berdiri pada 2017, yang berfungsi untuk Radio Wifi CCTV. Dengan robohnya tower itu, koneksi Radio CCTV di lingkungan Pendapa Kabupaten Demak dan CCTV pantauan lalu lintas di Pertigaan Jebor, Botorejo dan Katonsari menjadi terganggu.

blank
Tim dari Dinas Kominfo memastikan, tower akan segera diperbaiki dan difungsikan kembali. Foto: rudy

”Dengan robohnya tower ini, ada beberapa titik pantau CCTV yang terganggu. Di antaranya lingkungan Pendapa Kabupaten, Simpang Botorejo dan pertigaan SMPN 1 Katonsari. Untuk pantauan yang lainnya masih normal, karena menggunakan jaringan fiber optik. Sedangkan posisi tower belum jatuh, masih bersandar pada kawat listrik yang sudah tidak aktif,” ungkap Sunoto.

Untuk selanjutnya, jajaran Dishub langsung melakukan pengecekan dan koordinasi ke beberapa link CCTV yang mengalami gangguan, seperti di Kantor Bupati.

Rudy-Riyan