blank
Tim SAR gabungan membawa jenazah korban, Fahri (9) yang ditemukan di waduk Mrica Kabupaten Banjarnegara. Foto: Dok/Ist

BANJARNEGARA (SUARABARU.ID)  – Korban hilang tenggelam di Sungai Merawu Selasa (26/1/2021)  lalu Fahri Alif Budiman (9) ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan sudah meninggal, Kamis (28/1/2021).

Fahri, warga Dusun Gunung Putih Desa Kalitlaga Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara itu ditemukan pada pukul 09.00 WIB di waduk Mrica, Kabupaten Banjarnegara.

“Setelah upaya pencarian oleh tim SAR gabungan, korban berhasil ditemukan di waduk Mrican, Kabupaten Banjarnegara dalam keadaan meninggal dunia. Korban ditemukan 40 km dari tempat kejadian, dan korban langsung dibawa ke rumah duka,” ungkap Kepala Basarnas Semarang, Nur Yahya.

Baca juga Masih dalam Pencarian, Fahri Diduga Hilang di Sungai Merawu

Menurut Yahya, dengan ditemukannya korban, operasi SAR dinyatakan selesai, dan tim SAR gabungan kembali di kesatuannya masing-masing,” kata Yahya.

Korban pada Selasa (26/1) pamit kepada keluarga untuk pergi bermain bersama tema-temannya. Sekitar pukul 14.00 WIB korban bersama teman-temannya mencari sarang burung di perkebunan Gunung Putih, namun hingga malam hari korban tidak pulang kerumah, hingga keluarganya cemas dan melakukan pencarian.

Diketahui, disekitar perkebunan Gunung Putih, ada aliran Sungai Merawu, dan diduga korban hanyut saat menyeberang sungai. Dengan adanya informasi tersebut Kepala Basarnas Semarang memerintahkan Koordinator Basarnas pos SAR Wonosobo Hardi Amanurijal agar memberangkatkan 1 tim rescue, melakukan operasi SAR disertai peralatan SAR air.

Dalam pencarian tersebut tim SAR gabungan dibagi menjadi 4 search Rescue Unit (SRU), yang mana SRU 1 susur sungai dengan life Jacket dari tempat kejadian hingga jembatan tulis, SRU 2 penyisiran menggunakan rafting boat dari jembatan tulis hingga jembatan Clangap, SRU 3 penyisiran menggunakan rafting boat dari jembatan Clangap sampai depo pasir Semampir, dan SRU 4 penyisiran menggunakan LCR dari depo pasir semampir sampai bendungan Mrican.

Ning-wied