blank
Thomas Tuchel/dok

LONDON (SUARABARU.ID) – Tugas berat menanti Thomas Tuchel di Chelsea. Pria asal Jerman itu dipercaya sebagai penerus Frank Lampard selaku manajer The Blues. Tuchel akan bereuni dengan dua mantan pemainnya, Christian Pulisic dan Thiago Silva.

Pulisic pernah dilatih Thomas ketika di Borussia Dortmund. Sementara Thiago pernah bersamanya semasa di Paris Saint-Germain (PSG). Tuchel dipecat dari PSG pada Desember 2020.

“Saya ingin mengucapkan kasih kepada Chelsea FC untuk keyakinan mereka pada saya dan staf,” tutur Tuchel kepada BBC Sport. “Kami punya rasa hormat yang besar kepada Frank Lampard atas kerja dan peninggalannya di Chelsea. Pada saat bersamaan, saya tak sabar bertemu tim baru saya dan bersaing di liga paling menarik di sepak bola. Saya bersyukur bisa menjadi bagian dari keluargan Chelsea. Ini mengesankan,” paparnya.

Pelatih berusia 47 tahun itu memang belum sehebat seniornya, Juergen Klopp. Tuchel memulai karier melatih bersama Augsburg II. Setelah itu berkelana ke Mainz, Dortmund, dan PSG.

Kendati belum meraih gelar bergengsi, Tuchel mendapat kepercayaan dari Roman Abramovich, pemilik Si Biru. Dia diharapkan mampu mengangkat performa Chelsea yang jeblok di Liga Primer Inggris. Sebuah tantangan yang tidak mudah.

Apalagi Abramovich dikenal kejam dan tidak sabaran. Jose Mourinho dan Antonio Conte sudah merasakan kekejaman taipan berkebangsaan Rusia itu. ”Saya akan berusaha memberikan yang terbaik,” ujar Tuchel.

rr