blank
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono (tengah). Foto: antara-Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA (SUARABARU.ID)– Pemerintah Kabupaten Purbalingga menerima sebanyak 5.000 dosis vaksin covid-19, dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, Hanung Wikantono.

”Sebanyak 5.000 vaksin covid-19 telah tiba di Kabupaten Purbalingga, pada Minggu (24/1/2021),” kata dia di Purbalingga, Senin (25/1/2021).

Hanung menyebutkan, pada saat ini 5.000 dosis vaksin itu telah disimpan di lokasi yang aman, sesuai dengan prosedur kesehatan yang ditetapkan.

BACA JUGA : Bank Jateng Serahkan Hadiah Undian Program Kredit Solutip

Dia juga menyatakan, vaksinasi covid-19 nantinya akan dilakukan di 22 puskesmas, lima rumah sakit dan juga empat klinik yang ada di wilayah Purbalingga.

Ditambahkannya, vaksinasi covid-19 pada tahap pertama diperuntukkan untuk tenaga kesehatan (nakes). ”Pada Senin ini akan ada kegiatan penyuntikan vaksinasi pertama di Purbalingga, yang akan berlangsung di RSUD dr Goeteng Taroenadibrata. Ini merupakan acara pencanangan,” imbuhnya.

Dijelaskan juga, sebelum vaksinasi dilakukan terhadap para nakes, pada acara pencanangan direncanakan akan dilakukan pemberian vaksinasi terhadap 20 orang di jajaran Forkompinda Kabupaten Purbalingga.

Sedangkan sasaran vaksinasi di Kabupaten Purbalingga pada periode pertama ini, sebanyak 2.480 nakes. ”Hal ini dikarenakan, pemberian vaksinasi dilaksanakan selama dua kali. Sehingga 5.000 dosis akan diberikan kepada 2.480 tenaga kesehatan dan 20 orang di jajaran Forkompinda,” terang dia.

BACA JUGA : Tanggulangi Covid-19, Pemkab Banyumas Gelar Tes Cepat Antigen Massal

Target nakes secara keseluruhan pada tahap pertama, ada sebanyak 3.768 orang. ”Untuk target keseluruhan ini, masih menunggu kedatangan vaksin yang berikutnya,” lanjut Hanung.

Kegiatan vaksinasi sendiri ditargetkan tuntas dalam waktu empat hari, atau hingga Kamis (28/1/2021). Pada tahap selanjutnya, vaksinasi akan diberikan untuk pekerja di bidang pelayanan publik, sebanyak 31.072 orang, masyarakat rentan sebanyak 351.280 orang. Selanjutnya masyarakat rentan lainnya yakni lansia, sebanyak 133.572 orang.

”Total kebutuhan vaksin multi dose di Kabupaten Purbalingga mencapai 1.534.009 dosis,” paparnya. Dia berharap, seluruh kegiatan pemberian vaksinasi di Kabupaten Purbalingga akan berjalan dengan lancar, dan tanpa kendala berarti.

Ant-Riyan