blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama didampingi Kades Tanggulangin, Kecamatna Kljrong, Kasimin, melihat lahan singkong untuk ketahanan pangan warga mengghadapi pandemi Covid-19.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama Rabu (20/1) mengecek penerapan protokol kesehatan di Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong, di kawasan pesisir selatan.

Kapolres puas dan memberi apresiasi karena desa yang berada di kawasan pesisir Kebumen selatan tersebut merupakan Desa Tangguh Covid-19 yang patut dicontoh.

Kunjungan Kapolres didampingi para pejabat utama Polres, menjumpai warga Desa Tanggulangin Kecamatan Klirong sampai saat ini masih tertib menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Masyarakat di desa yang juga memproduksi garam rakyat itu tertib menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di depan rumah masing-masing sehingga saat masuk tangan sudah steril. Warga juga tertib mengenakan masker saat keluar rumah, dan menjaga jarak dengan pengawasan dari TNI, Polri, relawan serta Pemerintah Desa.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama memberikan sembako kepada warga Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong.(Foto;SB/Ist)

Apalagi dengan peduli terhadap protokol kesehatan, seperti diterapkana warga Desa Tangulangin tersebut, sama halnya telah ikut memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Kami berharap seluruh masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19,”jelas AKBP Piter Yanottama didampingi Plh Kapolsek Klirong Iptu Sugiyanto dan Kades Tanggulangin Kasimin.

Menurut penjelasan Kades Kasimin, Desa Tanggulangin termasuk Desa Tangguh Siaga Covid-19. Saat ini Pemerintah Desa setempat menyiapkan ladang singkong di kawasan pesisir sebagai ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama bersama para pejabat utama Polres melihat Posko Jopo Tonggo Siaga Covid-19 di Desa Tanggulangin, Kljrong.(Foto:SB/Ist)

Hasil panen bisa digunakan untuk menopang kebutuhan masyarakat jika terjadi situasi kontijensi kekurangan pangan karena pandemi. Pemerintah desa setempat beserta warga masyarakat menyambut positif kunjungan Kapolres bersama Polsek Klirong.

Warga mengungkapkan, kehadiran Kapolres menyemangati mereka menaati protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Relawan pun diminta untuk mengingatkan warganya agar tetap patuh protokol kesehatan dengan didukung penuh pemerintah desa.

Bahkan ada 17 Posko Jogo Tonggo disiapkan dan relawan desa selalu memberikan imbauan agar warga menerapkan protokol kesehatan. Posko Siaga itu didirikan Pemerintah Desa Tanggulangin sejak awal pandemi.

Kapolres berharap, Desa Tanggulangin bisa menjadi contoh desa lainnya dalam menerapkan protokol kesehatan serta kesiapsiagaan menghadapi kontijensi Covid-19. Mengingat jumlah kasus terkonfirmasi positif corona di Kebumen masih tinggi sehingga memerlukan kepedulian semua pihak.

Di sela kunjungannya, Kapolres dan pejabat utama Polres serta Plh Kapolsek Klirong memberikan bantuan sembako kepada warga Desa Tanggulangin yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan sembako itu pun disambut lega warga penerima.

Komper Wardopo