blank
tim SAR gabungan usai mengevakuasi 6 ABK di perairan Roban, Batang. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak enam anak buah kapal (ABK)  tugboat (kapal tunda) Logindo yang terombang- ambing di perairan Pemalang akibat menabrak karang, pada pukul 15.00 WIB berhasil dievakuasi tim SAR gabungan dalam keadaan selamat, Rabu (20/1/2021).

“Ke 6 ABK tersebut sempat terombang-ambing dengan menaiki lifecraft mengikuti arah angin, hingga mereka ditemukan nelayan Pemalang yang kebetulan sedang mencari ikan di sekitar perairan Roban Kabupaten Batang,” ungkap Kepala Basarnas Semarang, Nur Yahya.

Disampaikan, setelah mendapat informasi tersebut, tim SAR gabungan langsung menuju ke perairan Batang untuk memastikan kebenarannya.

“Setelah tim tiba di lokasi ternyata benar, mereka adalah ABK yang kami cari. Ke 6 ABK tersebut dalam keadaan kelelahan dan mereka langsung dievakuasi ke pelabuhan Wonokerto Kabupaten Pekalongan,” sambung Yahya.

Sebelumnya diberitakan, pada Rabu dinihari pukul 01.00 WIB, tagboat Logindo dengan Person On Boat (POB) 6 awak, melintas dari barat dengan menarik tongkang. Setelah sampai di perairan Pemalang, kapal tersebut terhempas ombak dan menabrak karang.

Tagboat Logindo tersebut berusaha menarik tongkang namun tidak kuat, hingga tali tersebut putus dan tugboat kehilangan kendali hanyut tenggelam. Diketahui, ke 6 ABK tugboat tersebut menyelamatkan diri dengan menaiki lifecraft.

Basarnas Semarang yang menerima informasi tersebut langsung mengirimkan dua tim SAR untuk melakukan pencarian terhadap ke 6 ABK tersebut. Dua tim tersebut adalah tim pencarian di pesisir pantai utara Pemalang, dan tim pencarian di laut oleh ABK Kapal KN SAR Sadewa.

Ning