blank
Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Sri Martini saat memberikan arahan kepada para 'pebalap liar' di Masjid Baiturahman, Senin (18/1/2021). Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Suasana khusyuk meliputi Masjid Baiturrahman yang berada di komplek Mapolres Grobogan, Senin (18/1/2021). Terlihat puluhan remaja berdoa bersama sejumlah personel dari Sat Binmas dan Satlantas Polres Grobogan.

Para remaja ini merupakan 30  ‘pebalap liar’ yang beraksi di jalan R. Suprapto, Minggu (17/1/2021) dinihari kemarin. Mereka terciduk petugas gabungan yang tengah melakukan patroli rutin di wilayah Kota Purwodadi.

Untuk memberikan efek jera, para remaja ini diminta membawa sepeda motornya dengan cara didorong menuju ke Mapolres Grobogan. Keesokan harinya, mereka diminta datang ke Polres Grobogan bersama orang tua serta kepala desa dari masing-masing remaja tersebut.

Terlihat Kasat Lantas AKP Sri Martini memberikan arahan dan pembinaan kepada para remaja ini. Mereka diminta merenungkan apa yang mereka lakukan pada Minggu dinihari kemarin. Terlihat dari wajah para remaja yang menyesali diri atas perbuatan yang mereka lakukan saat pembinaan tersebut.

blank
Para remaja yang melakukan aksi balap liar di Jalan R. Soeprapto Purwodadi, saat diamankan personel gabungan, Minggu (17/1/2021) dinihari. Foto : Hana Eswe.,

“Jangan mengulangi perbuatan seperti ini lagi. Lebih baik lakukan hal yang positif agar masa remaja kalian tidak sia-sia. Gapai masa depan yang lebih baik dengan usaha yang tekun dan berdoa. Selain itu, saat ini masih dalam masa pandemi, kami imbau agar tidak terjadi kerumunan-kerumunan seperti kemarin. Jangan ganggu masyarakat yang sedang beristirahat dengan tindakan seperti yang kalian lakukan kemarin. Kasihan orang tua kalian yang sudah membiayai kalian hingga saat ini,” ujar Kasat Lantas AKP Sri Martini, saat memberikan arahan.

blank
Aiptu Agus Salim saat mengajak para remaja tersebut doa bersama usai pembinaan. Foto : Hana Eswe,

Pembinaan terhadap para remaja ini diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin personel Sat Binmas Polres Grobogan Aiptu Agus Salim.

Sementara itu, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan mengapresiasi kesigapan para personel gabungan dalam memerangi aksi balap liar yang terjadi di wilayah Kota Purwodadi tersebut. Pihaknya mengimbau kepada para pengendara agar melengkapi kendaraannya sesuai dengan standar, seperti kaca spion, STNK, SIM dan knalpot yang sesuai dengan spesifikasi.

“Di masa pandemi ini, seharusnya kita prihatin dengan tidak berkumpul atau membentuk kerumunan guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Dari kejadian ini, kami juga imbau kepada para orang tua, jika sayang kepada anaknya, agar tidak membiarkan mereka membawa kendaraan di malam hari karena rawan dipergunakan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti balap liar ini, sebab terjadi risiko seperti kecelakaan yang menyebabkan cedera parah hingga meninggal dunia. Selalu awasi dan ketahui dimana keberadaan anaknya. Jika memang belum cukup umur, akan lebih baik tidak diberikan kendaraan. Dari beberapa kendaraan roda dua, baru dapat diambil setelah dilengkapi semuanya,” pungkas AKBP Jury.

Hana Eswe