blank
Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani ketika menerima penghargaan dari KIP Pusat. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) yang diterima Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebagai partai yang paling informatif, menjadi salah satu tolok ukur jika partai berlambang kepala Garuda ini memang menjadi partai yang paling informatif.

“Penghargaan dari KIP yang diterima partai Gerindra di awal tahun 2021 ini, merupakan penghargaan kelima kalinya. Penyerahan penghargaan ini sudah dilakukan pada acara penyerahan Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020 di Kantor DPP Partai Gerindra,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Wonosobo Sumardiyo, Jumat (15/1).

Sumardiyo yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Wonosobo ini mengapresiasi penghargaan KIP Pusat. Anugerah tersebut harus dapat membuat semua kader partai Gerindra merasa bangga dan bersyukur.

Dengan penghargaan ini, ujarnya, membuktikan bahwa Partai Gerinda mampu memberikan dan melakukan komunikasi serta pelayanan informasi kepada masyarakat. Kepentingan masyarakat menjadi prioritas utama yang harus diperjuangkan kader partai ini.

“Tidak hanya soal politik saja, berbagai informasi diberikan kepada masyarakat secara gamblang. Itu membuktikan jika partai ini memberikan perhatian tinggi pada kepentingan masyarakat. Terutama pada masalah informasi publik,” katanya.

Menurutnya, selama ini DPC Partai Gerindra Wonosobo telah melakukan berbagai upaya untuk melaksanakan pendidikan politik di masyarakat, tidak hanya pada kader-kadernya saja melainkan pendidikan politik disampaikan kepada masyarakat luas.

“Pendidikan politik ini sangat penting bagi masyarakat, oleh karena itu di setiap tahunnya kami melakukan berbagai upaya agar masyarakat bisa semakin mengerti dan memahami politik,” ujarnya.

Menurutnya, fungsi pendidikan politik tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepartaian bagi para kader, tetapi juga untuk menumbuhkan semangat dan karakter cinta tanah air kepada kader partai.

“Pendidikan politik merupakan proses harus dilakukan secara terus menerus kepada kader. Karena Partai Gerindra merupakan salah satu elemen demokrasi dan motor dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila,” katanya.

Motivasi Kader

blank
Ketua DPC Partai Gerindra Wonosobo Sumardiyo ketika memberikan keterangan pers pada wartawan. Foto : SB/Muharno Zarka

Sementara itu Sekretaris DPC Partai Gerindra Wonosobo Suradi Ramelan menambahkan, penghargaan yang diterima partai dari KIP ini, menjadi salah satu motivasi bagi kader partai untuk bekerja dengan lebih baik.

“Penghargaan ini juga menjadi salah satu inspirasi bagi kader-kader Gerindra Wonosobo, terutama bagi kader yang duduk di kursi DPRD untuk terus bekerja dengan menjalankan amanah dari masyarakat,” tegasnya.

Ke depan lanjut Suradi, kader Partai Gerindra juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja dengan pola-pola komunikasi yang informatif dan transparan.

“Pola-pola yang informatif dan transparan ini harus diterapkan dalam menjalankan fungsi sebagai wakil rakyat, baik dalam urusan perumusan dan perancangan penyusunan peraturan daerah (Perda),” ujarnya.

Tidak hanya itu, pola keterbukaan informasi yang inovatif ini bisa juga digunakan sebagai dasar untuk melakukan pengawasan kinerja. Tidak melulu pengawasan ke pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan, namun juga pengawasan ke dalam tubuh partai sendiri.

Apalagi, untuk pengawasan penganggaran yang dilakukan oleh pemerintah daerah, sehingga dalam setiap penganggaran bisa benar-benar terbuka dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Fungsi pengawasan memang harus dilakukan dengan maksimal, sebagai wakil rakyat tugas ini memang harus dijalankan dengan sempurna. Setiap kebijakan Pemkab Wonosobo yang tidak berpihak pada rakyat kecil wajib dikritisi,” tukasnya.

Menurutnya, penghargaan ini memang menjadi salah satu motivasi untuk semakin meningkatkan transparasi anggaran dan mengelola amanah yang diberikan oleh masyarakat dengan baik.

Komitmen Partai Gerindra sangat kuat untuk semakin mengembangkan dan membangun akuntabilitas, transparasi dan keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Muharno Zarka