blank
Dua orang petugas kesehatan sedang berada di ruang penyimpanan vaksin Sinovac.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Kabupaten Kendal bulan Februari 2021 bakal menerima vaksin Sinovac, dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Untuk bulan Januari ini, baru ada empat kabupaten kota yang menerima vaksin tersebut, yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Surakarta dan Kabupaten Magelang.

Selanjutnya vaksin Sinovac tersebut, akan didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan atau fasyankes, baik puskesmas maupun rumah sakit.

Adapun untuk mendapatkan vaksin, nantinya para calon penerima akan mendapatkan sms blasting dan mendaftar melalui aplikasi, namun untuk tahap pertama ada pada dokter atau tenaga kesehatan, dan kepolisian terlebih dahulu.

“Untuk masyarakat umum, menunggu giliran pada periode berikutnya setelah tenaga kesehatan dan kepolisian rampung,”kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Feri Nando Radbonay, saat ditemui di kantornya, jalan Noto Mudigdo, Pegulon Kendal, Selasa(12/1/2021).

Saat ini, pihak Dinkes sudah mempersiapkan tempat penyimpanan vaksin tersebut dengan suhu antara dua sampai delapan derajat celcius.

Sementara petugas pengelola vaksin Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Instalasi Perbekalan Farmasi Dinas Kabupaten Kendal, Abadi mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan semua perlengkapan dan ruangan yang dingin.

“Ada dua kulkas yang siap untuk menyimpan vaksin Sinovac tersebut,”kata Abadi.

Bahkan, di dalam ruang penyimpan vaksin ada beberapa freezer dan kulkas untuk menyimpan vaksin tersebut.

“Karena beda- beda suhunya, sehingga masing- masing vaksin berbeda tempatnya. Ada yang sampai minus 15 hingga 25 derajat, seperti vaksin volio,”ujar Abadi.

Menurut Abadi, yang jelas ketika vaksin Sinovac datang, Dinkes sudah siap menerima.Sp-mm