blank
Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Tim Fakultas Hukum Unissula Semarang di Kampung Sulam Pita Perumahan Genuk Indah Semarang dengan tema Pentingnya Pendaftaran Badan Usaha pada Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU) pada  Warga Gebangsari Genuk Semarang. Foto: Tim Pengabdian Masyarakat Unissula

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang melaksanakan pengabdian masyarakat di Kampung Sulam Pita Perumahan Genuk Indah Semarang baru-baru ini.

Tim memberikan pengabdian masyarakat FH Unissula itu mengambil tema “Pentingnya Pendaftaran Badan Usaha pada Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU)”.

Acara ini engan dihadiri oleh ibu-ibu warga Genuk Indah yang bertempat di Kampung Sulam Pita Perumahan Genuk Indah Gebangsari Genuk Semarang, di rumah produksi Lia Collection dengan Sri Andaliyah sebagai pemiliknya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diketuai oleh Andri Winjaya Laksana, SH, MH dengan anggota Dr H Jawade Hafidz, SH,MH, Dr Bambang Tri Bawono,  SH,MH, Dr Hj Sukarmi, SH.MH. Dan Dr.Lathifah Hanim, SH,MHum,MKn. semuanya adalah dosen Fakultas Hukum Unissula Semarang.

Menurut Ketua Andri Winjaya Laksana, pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu pengejawantahan sebagai dosen yang harus melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari mengajar, meneliti dan mengabdi.

Dengan mendirikan badan usaha, kata Andri, berarti bisnis telah memiliki izin usaha, maka terjamin legalitas serta memberikan rasa aman dan nyaman akan keberlangsungan usahanya.

“SABU atau Sistem Administrasi Badan Usaha merupakan sistem pendaftaran online untuk CV, firma dan persekutuan perdata. Aturan tentang cara pendaftarannya sesuai dengan Permenkumham Nomor 17 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma dan Persekutuan Perdata diajukan oleh Pemohon kepada Menteri Hukum dan HAM melalui SABU,” kata Andri.

blank
Foto bersama dengan ibu-ibu warga Kampung Sulam Pita Perumahan Genuk Indah Semarang setelah melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh Tim Fakultas Hukum Unissula Semarang dengan tema Pentingnya Pendaftaran Badan Usaha pada Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU) pada  Warga Gebangsari Genuk Semarang. Foto: Tim Pengabdian Masyarakat Unissula

Pendaftaran tersebut meliputi pendaftaran akta pendirian, pendaftaran perubahan anggaran dasar dan pendaftaran pembubaran.

DikatakanMenurut ketua pengabdian pak Andri Winjaya, SH.MH, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga terhadap  pentingnya pendaftaran badan usaha pada sistem administrasi badan usaha (sabu).

Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metode focus grup discussion, penyuluhan, praktik, pendampingan serta evaluasi kegiatan.

“Partisipasi dan antusiasme warga Gebangsari  dalam kegiatan sangat baik, kelompok mitra berkontribusi aktif dalam pengadaan keperluan pelatihan serta aktif berbagi pengalaman,” kata Andri.

Lathifah Hanimtrs