blank
Para santri dan santriwati TPQ At Thahiriyah Kawedusan, Kebumen, memegang alat musik sumbangan dari jamaah.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Dua ibu yang kebetulan PNS, Ny Hj Mardliyah Hayati Najib dan Ny Helmi Prasetyo, telah menyumbangkan seperangkat alat rebana atau alat musik qasidah untuk Musala At Thahiriyah, Desa Kawedusan, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen.

Penyerahan sumbangan dilakukan di Musala At Thahiriyah pada Kamis (1/1) sehabis jamaah Salat Magrib. Acara disaksikan oleh Pengasuh Musala At Tahiriyah KH Drs Nadjib SH, takmir musala dan anak-anak santri musala yang berada di lingkungan RT 04 RW 01 Desa Kawedusan.

Nadjib pun menyambut baik sumbangan alat musik tersebut. Menurut tokoh masyarakat yang juga hakim Pengadilan Agama di Jatim itu, di awal tahun baru 2021 TPQ Musala At Thahiriyah menerima sumbangan alat musik marawis dan qasidah dari jamaah yaitu Ibu Helmi Prasetyo dan Ibu Mardliyah Hayati Nadjib kepada santri dan santriwati.

blank
Ny Helmi Prasetyo menyerahkan alat musik kepada guru mengaji TPQ At Thahiriyah Kawedusan, Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Menurut Nadjib, sumbangan alat musik islami itu untuk lebih memberikan motivasi kepada para santri agar belajar musik bernuansa islami guna melestarikan budaya dan seni Islam sehingga para santri tidak hanya mengaji tetapi juga menguasai seni musik.

Nadjib berpesan kepada guru mengaji dan para santri mau belajar dan memanfaatkan alat musik tersebut dan dipelihara dengan baik agar bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat. Melalui musik Islami diharapka menumbuhkan jiwa seni islami sebagai penyeimbang dan pelengkap para santri dan santriwati dalam belajar membaca Alquran.

blank
Ny Hj Mardliyah Nadjib menyerahkan alat musik kepada guru mengaji TPQ At Thahiriyah Desa Kawedusan, Kebumen.(Foto:SB/Ist)(

“Terima kasih kepada ibu Helmi dan Ibu Mardliyah, semoga bantuan alat musik ini menjadi  amal jariyah dan mendapat balasan dari Allah sebagai sedekah. Kepada anak-anakku mari mulai saat ini gunakan waktu mengaji diselingi bermain musik Islami,”ujar Nadjib.

Ketua Takmir Musala At Thahiriyah Purwanto Yupi pun bersyukur atas kesediaan dua anggota jamaah menyumbang alat musik Islami. Pihaknya akan berusaha merawat dan mengelola alat musik tersebut agar anak-anak santri mampu beramain musik Islami sebagai pelengkap TPQ  At Thahiryah.

”Seni mengandung keindahan kehalusan. Mudah-mudahan anak-anak santri lebih bersemangat mengaji serta terampil bermain musik. Bagaimana pun anak-anak adalah aset masa depan,”ucap Purwanto, pensiunan TU MTs N 1 Kebumen.

Komper Wardopo