blank
Habib Ja'far Bin Muhammad Alkaff. foto:Ist/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kabar duka menyelimuti umat muslim tanah air. Ulama kharismatik Habib Ja’far Bin Muhammad Alkaff asal Kudus meninggal dunia.

Kabar duka ini menyebar di sejumlah media sosial baik Facebook, twitter maupun WA group. Informasi tersebut seakan membuat para pecinta Habib Ja’far terkejut dan bersedih.

Anggota DPRD Jawa Tengah sekaligus tokoh NU Kudus, Mawahib Afkar, saat dikonfirmasi membenarkan berita duka tersebut. Menurutnya, berdasarkan informasi yang diperoleh, Habib Ja’far meninggal dunia di RS TNI Samarinda, pada Jumat (1/1) petang.

“Saya dapat informasi dari Habib Umar Muthohar kalau Habib Ja’far sudah kapundut,”kata Mawahib.

Menurut Mawahib, rencananya jenazah Habib Ja’far akan diterbangkan ke Semarang untuk kemudian dimakamkan di Kudus. Hanya saja, kapan dan dimana Habib Ja’far akan disemayamkan, Mawahib belum mendapatkan informasi pasti.

Habib Ja’far Bin Muhammad Alkaff adalah satu diantara ulama kharismatik Kudus yang dipercaya memiliki banyak karomah luar biasa. Penampilannya yang nyentrik kopiah hitam dengan rambut panjang, dengan kemeja putih, seakan menunjukkan kesahajaan  beliau.

Tak jarang para kiai dan Habib mengisahkan karomah yang dimiliki Habib Ja’far dimana banyak kisah yang terbilang di luar nalar. Dalam setiap pengajiannya, Habib Ja’far juga dikenal dengan gaya khas yakni selalu mendoakan siapapun dengan suara berwibawa.

Beliau asli dari kudus, tetapi beliau selalu berpindah-pindahkadang di Semarang,  kadang-kadang di Jakarta dan tak jarang di Surabaya.

Tm-Ab