blank
Peta Mikro Zonasi Covid-19 Skala Desa Kabupaten Kebumen update data 26/12-2020.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sehari menjelang Tahun Baru 2021 di Kebumen kembai terjadi lonjakan kasus positif Corona.  Sebanyak 148 orang dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19, dan lima orang pasien Corona meningal dunia.

Data tersebut diungkapkan Ketua Bidang Informasi Publik Satuan Tugas Penanganan Covid-19  Kabupaten Kebumen yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen Cokro Aminoto dalam rilsinyas Kamis (31/12-2020), diterima Suarabaru,id Jumat (1/1) pagi.

Menurut Cokro Aminoto, dari sejumlah kasus terkonfirmasi positif sebanyak 148 orang tersebut, merupakan kontak erat dengan kasus terkonfirmasi terdahulu. Tingginya jumlah kasus terkonfirmasi positif hari itu dimungkinkan karena merupakan kasus yang terakumulasi, sebagai akibat keterlambatan diterimanya hasil lab.

Pada hari yang sama kasus terkonfirmasi meninggal dunia bertambah 5 orang. Mereta atas nama IP  (29) laki-laki, SN (57) perempuan, RAD (56,) laki-laki, TAP (81) perempuan, dan SUK (60) perempuan. Sedangkan pasien positif corona yang dinyatakan sembuh bertambah 64 orang.

Secara keseluruhan, hingga saat ini kasus terkonfirmasi  Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat  4.248 orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi tersebut, dirawat 199 orang,  menjalani isolasi  424 orang, dirujuk 8 prang,  meninggal dunia 141 orang dan telah sembuh 3.476 orang.

Cokro Aminoto menjelaskan pula, dari Peta zonasi  Risiko Covid-19 berdasarkan update peta mikrozonasi 26-12-2020,Kabupaten Kebumen masuk dalam Zona Merah di antara Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

7 Kecamatan di Kebumen masuk Zona Merah, 18 Kecamatan Zona Oranye. Satu-satunya kecamatan yang masuk Zona Kuning adalah Kecamatan Sadang di Kebumen utara.

Kecamatan Zona Merah  meliputi Ayah, Sempor, Mirit, Karanggayam, Rowokele, Petanahan, Klirong. Kecamatan Zona Oranye meliputi Kebumen, Bonorowo, Gombong, Padureso, Kutowinangun, Puring, Adimulyo, Kuwarasan, Buayan, Sruweng, Buluspesantren, Karangsambung, Prembun, Karanganyar, Ambal, Pejagoan, Alian, Poncowarno.

Adapun desa  Zona Merah meliputi Desa Kedungwinangun, Kalirejo, Ngabean, Serut, Karangmojo, Ayah, Banjararjo, Jemur, Kedungpuji, Sidoharum, Mrinen, Rowokele, Petanahan dan Jatimulyo.

Komper Wardopo