blank
Prof Dr H Muladi SH. Foto: antara

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof Dr H Muladi SH, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (31/12/2020) pukul 06.45 WIB.

Rektor Undip Yos Johan Utama membenarkan kabar meninggalnya guru besar ilmu hukum itu. ”Keluarga besar Senat Akademik dan Dewan Profesor Universitas Diponegoro kehilangan salah satu guru besar terbaiknya,” kata Yos, melalui pesan singkatnya, ketika dihubungi di Semarang.

Menurut Yos Yohan, Prof Muladi rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. ”Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran,” ujarnya.

BACA JUGA ; Prof Muladi Meninggal, Mahasiswa Menyebutnya sebagai ‘Rektor Gali’

Muladi menjabat sebagai Rektor Undip Semarang pada tahun 1994 hingga 1998. Muladi juga sempat mengemban jabatan sebagai Menteri Kehakiman serta Gubernur Lemhanas pada 2005 hingga 2011. Pria kelahiran Surakarta, 26 Mei 1943 itu, dilaporkan sempat dirawat di RSPDA Jakarta.

Sementara itu, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS mengaku merasa sangat kehilangan atas berpulangnya Begawan Hukum Indonesia itu. Menurutnya, Muladi merupakan sosok yang disiplin, tekun, dan penuh dedikasi pada profesinya.

”Kami sebagai murid dan anak bangsa merasa sangat kehilangan pada sosok Prof Muladi yang sangat menginspirasi. Selamat jalan Prof Muladi,” ucap Amir dalam keterangannya.

Riyan