blank
Sebelum disuntik vitamin neurobion anggota TNI-AD diukur tekanan darahnya. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Guna menjaga kondisi tubuh di masa pandemi global Covid-19, sejumlah personil TNI-AD Kodim 0707/Wonosobo, diberi suntikan vitamin neurobion. Suntikan vitamin untuk vitalitas tubuh itu, dilakukan petugas medis Klinik Kartika Pratama.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat meminta seluruh anggota TNI-AD diberi suntikan vitamin neurobion tersebut. Karena di masa wabah covid-19 ini, aparat keamanan siap siaga melakukan pengamanan perayaan Natal 2020 dan liburan Tahun Baru 2021.

“Saat ini tugas TNI seolah tidak berhenti. Setelah melakukan pengamanan perayaan Natal, kini dilanjutkan pemantauan liburan Tahun Baru 2021. Setelah itu, masih ada patroli penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di berbagai tempat,” katanya, Selasa (29/12).

Pemberian suntikan vitamin, sambung dia, sangat penting dilakukan karena di akhir tahun 2020 ini entensitas kerja anggota TNI sangat padat, selama 24 jam. Jika tidak disuplai vitamin, kondisi tubuhnya di lapangan bisa drop dan jatuh sakit.

“Jika kondisi tubuh aparat keamanan dalam keadaan sehat dan prima, akan bisa melaksanakan tugas dengan baik. Setelah diberikan vitamin ini para anggota TNI yang bertugas di lapangan menjadi lebih sehat dan kuat dalam menjalankan tugas sehari-hari,” harap dia.

Kekebalan Tubuh

blank
Pelaksanaan suntikan vitamin neurobion bagi anggota TNI-AD di Makodim 0707/Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepala Klinik Kartika Pratama Kodim 0707/Wonosobo, Pelda Sugiri menyampaikan suntikan yang diberikan pada anggota TNI adalah mersibion 5.000. Yakni obat yang diindikasikan untuk mengobati kerusakan sel saraf (neuropati).

“Obat ini juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan sistem saraf, membantu tubuh menyerap energi makanan dan menghasilkan sel darah merah. Sehingga setelah diberi vitamin ini, seseorang kondisi tubuhnya akan selalu sehat dan kuat,” ujarnya.

Menurut dia, karena mengandung vitamin B1, vitamin B6 dan vitamin B12, obat ini juga biasa digunakan untuk mengobati gejala kesemutan dan mati rasa akibat kekurangan vitamin neurotropik (B1, B6 dan B12).

‘Kegunaan neurobion untuk menjaga kesehatan saraf, mengobati gangguan saraf dan mengatasi kekurangan vitamin B. Selain itu, obat ini dapat meningkatkan nafsu makan dan dapat digunakan untuk masa pemulihan setelah seseorang sembuh dari sakit,” terangnya.

Disamping untuk pemulihan setelah sakit, sambung dia, bisa juga digunakan sebagai obat meningkatkan stamina dan juga meningkatkan imunitas tubuh, jika imun baik maka tidak akan mudah terserang penyakit.

“Apalagi saat ini personil TNI-AD banyak kegiatan di luar. Sedangkan cuaca saat ini tidak menentu. Seperti hujan dan panas silih berganti. Dengan situasi tersebut, jika imun tidak kuat, maka akan mudah terserang berbagai penyakit,” paparnya.

Muharno Zarka-mul