Cal Crutchlow/dok

LONDON (SUARABARU.ID) – Mantan pembalap MotoGP, Cal Crutchlow, meyakini tak akan ada pembalap lain yang mampu meniru dominasi Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol itu begitu dominan sebelum kehilangan gelar lantaran cedera pada musim 2020. “Kurasa tak akan ada orang yang bisa mengulang apa yang dilakukan Marc,” ujar Crutchlow.

Marquez menjadi sensasi baru MotoGP selepas era kejayaan Valentino Rossi. Setelah terjun di kelas utama pada 2013, The Baby Alien secara mengejutkan langsung merebut gelar juara dunia pada musim pertamanya. Dia lantas menambah lima titel lain dalam enam musim berikutnya.

Sederet rekor pun disandang pembalap 27 tahun itu. Salah satu rekornya yang paling bergengsi adalah Marquez menjadi pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim MotoGP saat juara dalam 13 seri pada musim 2019. Cederanya pada musim ini membuat gelarnya dirampas Joan Mir.

Minus Marquez pada awal-awal seri MotoGP 2021 membuat Repsol Honda mesti mencari pengganti sebagai tandem Pol Espargaro. Crutchlow, yang kini menjadi pembalap penguji Yamaha, meragukan kemampuan Espargaro. Repsol Honda butuh pelapis yang memiliki kualitas bagus.

“Aku percaya Alex Marquez sudah melakukan pekerjaan yang baik pada musim ini. Sementara Takaaki Nakagami sedang berkembang,” tutur Crutchlow. Dia menegaskan persaingan musim depan bakal tetap sengit dan ketat.

rr