blank
Wisatawan yang mengunjungi obyek wisata Telaga Menjer Garung Wonosobo dipantau Tim Satgas Covid-19. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sejumlah pengunjung obyek wisata Telaga Menjer Garung Wonosobo yang memanfaatkan libur akhir tahun 2020 dengan berwisata di tempat tersebut dipantau Satgas Covid-19 Kecamatan Garung Wonosobo.

Pemantauan tersebut dilakukan guna memastikan wisatawan dan pengelola obyek wisata Telaga Menjer dan Bukit Seroja menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat.

Danramil 04/Garung Kapten Inf Sutarto, Senin (28/12), mengatakan personil TNI-Polri sebagai anggota Tim Satgas Covid-19 siap siaga di lokasi wisata Telaga Menjer dan Bukit Seroja selama libur akhir tahun 2020 ini.

“Dua obyek wisata di atas setiap libur akhir tahun selalu banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Karena masih dalam masa pandemi global Covid-19, wisatawan harus menerapkan prokes ketika berada di tempat wisata,” katanya.

Pihaknya tidak ingin, liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), menjadi klaster baru penularan dan penyebaran virus Corona. Apalagi saat ini, grafik warga yang terpapar penyakit Covid-19 masih terus meningkat.

Pendekatan Persuasif

blank
Pengelola wisata Telaga Menjer Garung Wonosobo wajib menyediakan fasilitas prokes Covid-19 bagi wisatawan. Foto : SB/Muharno Zarka

Kapolsek Garung IPTU Muhroji, mengatakan dalam melakukan pemantauan Tim Satgas Covid-19 harus menggunakan pendekatan persuasif. Pengunjung tempat wisata yang tidak mengenakan masker, tidak nembawa hand sanitizer dan berkerumun ditegur untuk menerapkan prokes Covid-19.

“Wisatawan wajib mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir sebelum masuk komplek wisata, selalu menjaga jarak antar pengunjung dan menghindari keramaian. Berada di tempat wisata tidak terlalu lama,” tegasnya.

Sedang pengelola tempat wisata, sambungnya, wajib menyiapkan masker untuk pengunjung yang tidak pakai masker. Menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, thermogun dan mengatur jarak ketika wisatawan mau masuk atau keluar dari tempat wisata.

“Khusus pengunjung dari luar daerah Wonosobo agar menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19. Ini penting dilakukan mengingat saat ini penderita virus Corona masih terus bertambah. Jangan sampai wisatawan justru membawa virus Corona baru dari daerah asalnya,” ucap dia.

Menurutnya, obyek wisata Telaga Menjer dan Bukit Seroja, punya lokasi yang luas dan merupakan tempat terbuka. Pengunjung tidak boleh bergerombol saat naik getek dan berada di spot foto selfi. Prokes Covid-19 tidak boleh diabaikan selama berwisata.

Muharno Zarka