blank
Petugas dari Polres Blora, melakukan pengamanan dan sterilisasi di Gereja Katolik St Pius Kota Blora, Jumat (25/12/2020). Foto: SB/Hms-Resbla

BLORA (SUARABARU.ID)– Seluruh gereja yang ada di wilayah Kabupaten Blora, menjadi target patroli dan pengamanan yang dilakukan Satuan Sabhara Polres Blora.

Langkah itu diberlakukan, baik sebelum perayaan dan selama Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021.

Sedikitnya 10 petugas yang tergabung dalam tim sterilisasi, melakukan patroli gereja untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, bagi jemaat yang melaksanakan ibadah Natal.

BACA JUGA : Puting Beliung Terjang Ngepung, Puluhan Rumah Warga Rusak

Meskipun perayaaan Natal dalam situasi pandemi covid-19, Kapolres Blora, AKBP Ferry Irawan, tidak mau lengah.

Dalam setiap kegiatan gereja, petugas kepolisian bersama TNI dan instansi terkait yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasi Lilin Candi 2020, aktif melaksanakan tugas, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Menurut Kapolres Blora, Jumat (25/12/2020), sterilisasi dilakukan minimal satu jam sebelum kegiatan ibadah. ”Sterilisasi dan pengamanan gereja juga digelar di 16 Polsek jajaran di wilayah masing-masing,” terang alumni Akademi Kepolisia (Akpol) Semarang 1999 ini.

Namun untuk tim sterilisasi dari Satuan Sabhara, lanjut AKBP Ferry, lebih memokuskan kegiatan itu di beberapa gereja-gereja besar, yang memiliki banyak jemaat.

Beberapa gereja besar yang menjadi sasaran itu antara lain, Gereja Bethany, Santo Pius, GKI, GKJ dan Gereja St Willybrodus di Kecamatan Cepu.

BACA JUGA : Sukowati Field Tambah 1.000 Barel Minyak Melalui ‘Well Intervention’

blank
Untuk keamanan, kendaraan bermotor di salah satu gereja di Kota Blora, tak luput dari pemeriksaan petugas dari Polres setempat. Foto: SB/Hms-Resbla

”Kami juga berkoordinasi dengan pengurus gereja, terkait jadwal pelaksanaan peribadatan,” ujar Kapolres melalui Kabagops Kompol Supriyo.

Selain antisipasi gangguan Kamtibmas, petugas gabungan juga melakukan pengamanan untuk memastikan penerapan disiplin protokol kesehatan.

”Selain gangguan Kamtibmas, tak kalah penting adalah penerapan disiplin protokol kesehatan, untuk antisipasi covid-19,” jelasnya.

Romo Eko, salah satu pemuka agama Katolik Gereja Santo Pius, mengaku senang dengan adanya tim sterilisasi dari Satuan Sabhara Polres Blora, meski tanpa ada permintaan.

”Kami semua senang, tanpa ada permintaan, petugas sudah merespon rutin setiap tahun dengan melakukan sterilisasi, patroli sampai pengamanan,” tuturnya.

Wahono-Riyan