blank
Malam puncak penganugerahan "DK Award" lomba bercerita Jejak Tiga Wanita Inspiratif Jepara"

JEPARA (SUARABARU.ID)- Berbicara soal pahlawan wanita, kota Jepara menyimpan sejarah panjang tiga pejuang wanita yang memberikan keteladanan bagi bangsa dan negara. Sejarah mencatat, pemimpin wanita lahir di Jepara yaitu, Ratu Shima, Ratu Kalinyamat dan RA. Kartini.

blank
Dinda Kirana. Dok. DK Management

Tiga pahlawan wanita inilah yang memberikan ispirasi kepada Dinda Kirana (DK). Seorang wanita yang dikenal multitalenta karena memiliki bakat sebagai seorang penyanyi, host, MC, bahkan seorang guru di sebuah sekolah swasta di Jepara.

Dengan inspirasi dari tiga tokoh pejuang wanita tersebut Dinda Kirana menggelar lomba bercerita yang mengangkat tema “Tapak Jejak Tiga Wanita Inspiratif Jepara”, Dinda Kirana bersama Tim DK Management menggarap lomba tersebut dalam rangka menyambut hari ibu 2020.

Puncaknya, pada Sabtu (19/12) malam penganugerahan Dinda Kirana Award di gedung Shima Pendopo Kabupaten Jepara digelar. Setelah dibuka audisi beberapa minggu lalu dengan mengantongi 100 peserta. Namun dibatasi, mengingat kondisi di musim pandemi covid-19 yang harus tetap mematuhi peraturan pemerintah memakai masker dan jaga jarak (prokes). Acara puncak grand final juga dimeriahkan oleh penyanyi dangdut Ninda Lida.

blank
Juara 1 Pujiati dengan judul “Napak Jejak Ratu Kalinyamat”. Dok. DK Management

Dewan juri dalam lomba bercerita tentang tiga tokoh wanita inspiratif Jepara ini adalah nama-nama yang sudah tidak asing lagi dalam dunia sejarah dan kebudayaan di Jepara. Drs. Hadi Priyanto, seorang Budayawan yang juga seorang penulis sejarah Jepara dan Dr. Alamsyah, Sejarawan Jepara yang juga seorang Dosen Ilmu Sejarah UNDIP.

Ketika ditemui oleh Suarabaru.id di sela-sela acara, Dinda Kirana mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran acara ini. “Alhamdulillah semoga senantiasa berkah bermanfaat bagi agama nusa dan bangsa, semoga membawa manfaat untuk seluruh masyarakat Jepara, Kudus dan Demak”, tutur Dinda.

“Tidak lupa ucapan terima kasih Bapak Bupati Jepara Dian Kristiandi. S,Sos. serta terima kasih untuk peserta dari masyarakat Jepara, Kudus, Demak dan untuk semua pihak yang mendukung dari Team Panitia DK Management. Tak lupa ucapan dari Lesbumi NU Jepara dan Radio R-lisa fm Jepara”, lanjut Dinda.

Lebih lanjut Dinda mengungkapkan bahwa acara ini didukung oleh semua pihak. Dinas Pariwisata Kab Jepara, Ketua DPRD Kab. Jepara Bpk Haizul Maarif, Ketua LP Ma’arif NU Jepara, Kepala Dinas Dikpora Kab. Jepara, Tokoh Budayawan, Sejarawan, Pegiat Seni, Jurnalis, Ketua Fatayat NU Kab. Jepara: Mbak Nanik Caca, H. Ahmad Syamsul Anwar Asa, Ketua KKMI 02 Kab. Jepara, Kepala Madrasah MI Mathalibul Huda Mlonggo.

Hadepe / ua