blank
Dua peserta menghafal Al-Qur'an di panggung dengan didampingi oleh orangtuanya.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID) – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Purworejo, Ringinarum, menggelar Tahfidz al-Qur’an di sekolahan setempat. Kegiatan yang diadakan selama tiga hari ini, diikuti oleh semua siswa- siswi kelas I hingga kelas VI.

Tujuan dilakukannya Tahfidz al-Qur’an ini untuk menanamkan rasa kecintaan terhadap kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perentara Malaikat Jibril Alaihi Wassalam.

Kepala MI Muhammadiyah Purworejo, Siti Tohiroh, mengatakan, gelar Tahfidz al- Qur’an diikuti oleh seluruh siswa dari kelas satu sampai dengan kelas enam dengan jumlah 106 anak didik.

“Gelar Tahfidz al-Qur’an digelar secara bertahap, yakni hari pertama lomba kelas 5 dan 6, hari kedua kelas 3 dan 4, dan hari ketiga kelas 1 dan 2,” kata Siti Tohiroh, Jumat(18/12/2020).

Tohiroh mengaku, teknis pelaksanaan Tahfidz al-Qur’an ini, peserta tampil ke panggung dengan didampingi oleh orangtuanya sesuai dengan kelompok masing- masing.

Karena kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan Tahfidz al-Qur’an ini dibatasi dan acaranya juga digelar secara bertahap tiga hari berturut- turut untuk menghindari kerumunan massa.

Selain itu, semua peserta baik orangtua murid, tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covi-19, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

“Di panggung mereka menghafal surat-surat al-Qur’an juz 30, dengan tiga sesi yaitu, hafalan surat pilihan kelompok, hafalan undian surat dan sambung ayat,” ujarnya.

Tohiroh berharap dengan kegiatan tahfidz al-Qur’an dapat semakin menumbuhkan rasa kecintaan siswa terhadap al-Qur’an dan semakin membuat mereka semangat dalam menghafalnya.

“Semoga siswa-siswi bisa lebih termotivasi dan semakin cinta dengan al-Qur’an dan bisa menjadi hafidz al-Qur’an yang seutuhnya,” harapnya. Sp-mm