blank

BALIKPAPAN (SUARABARU.ID)– Kasus positif Covid-19 di Kota Balikpapan Rabu [16/12/2020] kembali tinggi, yakni mencapai 44 kasus. Sementara untuk selesai isolasi ada 35 kasus. Selain itu sebanyak dua orang terkonfirmasi positif meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, memaparkan kasus terkonfirmasi positif ini secara rinci. Yakni ada 11 orang suspek dan bergejala, atau dirawat di rumah sakit. Selanjutnya sebanyak 21 kasus merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan 12 kasus riwayat tracing.

“Kemudian 35 kasus selesai perawatan maupun isolasi mandiri. Dari RS Restu Ibu ada satu pasien, RS Pertamina dua pasien, dari Isolasi mandiri ada 32 pasien,” sebut Dio, sapaan Andi Sri Juliarty.

Ada dua kasus meninggal dunia terkonfirmasi positif, masing-masing meninggal pada 15 Desember malam dan 16 Desember. Mereka adalah BPN 4.675 usia 41 tahun berjenis kelamin perempuan dan BPN 4.917 usia 43 tahun berjenis kelamin laki-laki.

“Pasien meninggal laki-laki adalah dokter. Meninggal dunia 16 Desember 2.020 jam 11.45 di RS Pertamina Balikpapan,” sebutnya.

Walikota Rizal Effendi mengatakan, Balikpapan berduka karena kembali kehilangan sosok dokter. Bernama dr. Fajar yang bertugas di RS Pertamina Balikpapan dan diperbantukan di PLN wilayah.

“Beliau terkonfirmasi positif dan tadi pagi meninggal dunia. Atas nama pemerintah kota, dan tim Satgas menyampaikan dukacita mendalam. Satu lagi pejuang Covid kita gugur. Semoga husnul khatimah,” ungkap Rizal.

Dengan penambahan 44 kasus positif ini maka per 16 Desember total positif di Balikpapan 5.067 orang. Untuk pasien yang dirawat, menurut dia harus diwaspadai lagi karena kembali mengalami kenaikan. Yakni dari 194 menjadi 219 orang.

Ditambahkan Dandim 0905 Balikpapan, Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, terkait situasi dua pekan terakhir, di mana terjadi kenaikan kasus yang cukup signifikan. Maka dari evaluasi kondisi terakhir ini Satgas akan ambil beberapa langkah.

“Ada peningkatan kasus positif, juga kasus meninggal. Apalagi hari ini kami berduka karena salah satu rekan dokter juga meninggal dunia,” katanya.

Menurutnya kasus terkonfirmasi positif yang biasanya jumlahnya mencapai belasan orang, dua pekan terakhir mencapai puluhan orang. Bahkan di atas 40 hingga 50 orang.

R Nought Kota Balikpapan yang menjadi tolak ukur angka kasus, sebelumnya 0,64 atau di bawah angka 1. Bahkan pernah di bawah 0,5 kini naik kembali menjadi 1,26.

“Padahal ini adalah tolak ukur kita untuk melakukan relaksasi kegiatan. Juga kondisi dirawat kembali tinggi. Sehingga ruang perawatan mulai penuh kembali,” bebernya.

Beberapa pertimbangan ini, lanjutnya, yang menjadi dasar Satgas mengambil langkah. Ada tiga surat edaran walikota. Pertama tentang penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan akad atau pemberkatan dalam prosesi pernikahan.

Inti dari surat tersebut adalah dalam pelaksanaan kegiatan pemberkatan dan akad, juga resepsi pernikahan, seluruh kepala KUA dan rumah ibadah harus mengucapkan pada seluruh calon mempelai untuk melengkapi dokumen kesehatan berupa hasil rapid test non reaktif/ PCR/ swab test/ TCM negatif.

“Kemudian saat ini masyarakat hanya menggelar akad atau pemberkatan nikah. Sedangkan acara resepsi pernikahan ditunda sampai keadaan pandemik relatif aman, dan akan diberitahukan lebih lanjut,” sebutnya.

Ia melanjutkan, bagi yang sudah membuat perencanaan undangan resepsi pernikahan dan tidak mungkin kan untuk ditunda pelaksanaannya, agar mengatur pembatasan undangan dengan pola shifting.

“Undangan siang maksimal 200 orang, shift pertama jam 10.00 sampai 12.00 Wita maksimal 100 orang. Lalu pukul 12.00 sampai 13.00 Wita dilakukan pembersihan ruangan dengan desinfektan,” urainya, seperti dikutip dari siberindo.co grup suarabaru.id.

Selanjutnya shift kedua 13.00 sampai 15.00 Wita juga dengan maksimal undangan 100 orang. Shift malam 19.00 sampai 21.00 Wita juga dengan jumlah undangan maksimal 100 orang.

“Tempat duduk undangan wajib menerapkan jaga jarak minimal 1 meter. Penanggung jawab acara akad maupun pemberkatan wajib melaporkan kegiatan kepada camat selaku ketua Satgas Kecamatan” sebutnya.

 

Claudia SB